Info Penyakit Agoraphobia

Ketakutan (phobia) adalah kecemasan yang luar biasa, terus menerus dan tidak realistis, sebagai respon terhadap keadaan eksternal tertentu. Phobia dapat menghambat kehidupan orang yang mengidapnya. Ada perbedaan “bahasa” antara pengamat phobia dengan seorang pengidap phobia. Pengamat phobia menggunakan bahasa logika sementara seorang pengidap phobia biasanya menggunakan bahasa rasa.

Dalam keadaan normal setiap orang memiliki kemampuan mengendalikan rasa takut. Akan tetapi bila seseorang terpapar terus menerus dengan subjek phobia, hal tersebut berpotensi menyebabkan terjadinya fiksasi (suatu keadaan mental seseorang terkunci, karena pengidap tidak mampu mengendalikan perasaan takutnya). Seseorang yang pertumbuhan mentalnya mengalami fiksasi akan memiliki kesulitan emosi (mental blocks) dikemudian harinya karena tidak memiliki saluran pelepasan emosi (katarsis) yang tepat. Pola respon negatif tersebut dapat berkembang terhadap subjek-subjek phobia lainnya dan intensitasnya semakin meningkat. Walaupun terlihat sepele, “pola” respon tersebut akan dipakai terus menerus untuk merespon masalah lainnya. Itu sebabnya seseorang penderita phobia menjadi semakin rentan dan semakin tidak produktif.

Info Penyakit Agoraphobia

Agoraphobia adalah ketakutan berada di tempat dimana bantuan tidak tersedia. penderita agoraphobia selalu takut pada kerumunan atau menjadi penyendiri. Agoraphobia kadang berhubungan dengan kelainan ansietas lain, seperti gangguan panik atau phobia khusus. Jika terjadi gangguan panik, agrophobia selalu dimulai pada umur dua puluhan tahun. Perempuan lebih mudah mengalami agoraphobia ketimbang laki-laki.

Gejala.

Mengurung diri dalam rumah untuk beberapa saat, bergantung pada orang lain, takut sendiri, takut berada di tempat yang memungkinkan tidak bisa lari, dan tak berpengharapan.

Penyakit ketakutan Agoraphobia

Perawatan.

Tujuan perawatan adalah untuk membantu penderita menjadi lebih mandiri dan pemberani. Keberhasilan perwatan selalu tergantung pada keakutan phobia. Desensitization sistematik adalah salah satu teknik yang digunakan untuk merawat phobia. Penderita diminta untuk rileks, membayangkan penyebab asietas, berjalan dari tempat yang kurang menakutkan sampai ke tempat yang paling menakutkan. Perawatan akan jauh lebih efektif ketika orang-orang di sekitar ikut membantu melepas ketakutan penderita.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

pepek anak SD, cara membuat handbody racikan makassar, cara melebatkan bulu kemaluan, DAUN wisa, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri