Fungsi Bedak Wajah yang Sesungguhnya

Fungsi Bedak Wajah yang SesungguhnyaMEDIKALOGI.COM – Kalau membahas soal make up wajah, tentunya bedak sudah tidak asing lagi bagi kaum perempuan atau sudah terbiasa digunakan. Memilih bedak yang tepat sama pentingnya dengan pemilihan foundation.


Bedak biasanya diaplikasikan setelah alas bedak (foundation). Bahkan make-up paling sederhanapun pasti akan melibatkan bedak di dalamnya.

Salah satu fungsi bedak ialah untuk menutupi atau memberikan coverage lebih pada kulit.  Bedak dipakai di tahap akhir makeup dan dipakaikan tipis-tipis saja sehingga tidak terlihat cakey.

Selain sebagai lapisan luar pada wajah, fungsi bedak wajah yang lainnya ternyata jarang diketahui orang terutama kaum perempuan.

Berikut beberapa fungsi bedak wajah, seperti:

1.   Mencegah wajah terlihat berkilau karena minyak berlebih.

Wajah yang berminyak atau berkeringat, saat sedang berada di tengah-tengah pekerjaan akan membuat penampilan seseorang menurun ke-oke-annya 70% kan? Di sinilah bedak bekerja. Dengan sedikit touch up, minyak di wajah akan hilang seketika.

2.   Perlindungan pada sinar UV.

Bedak biasanya memiliki bahan wajib seperti Zinc atau Titanium Dioxide. Bahan inilah yang dapat memberi perlindungan pada kulit wajah dari sinar UV yang berbahaya. Tapi, meskipun begitu, tetaplah gunakan pelembab yang mengandung sunscreen untuk perlindungan maksimal.

3.   Mencerahkan warna kulit.

Apabila Anda memilih warna bedak yang tepat untuk kulit wajahmu, bedak tersebut akan membantu wajahmu menjadi terlihat setingkat lebih putih dengan tetap terlihat alami. Selain itu, bedak dengan warna yang tepat dapat membuat wajahmu berseri dan terlihat segar. Sangat menunjang untuk penampilan sehari-harimu.

4.    Menutupi kekurangan kulit wajah.

Untuk fungsi yang ini memang lebih diunggulkan jenis pressed powder. Pressed powder atau bedak padat, lebih padat menempel pada kulit sehingga dapat menutupi jerawat kemerahan atau bercak hitam kecil di daerah wajah dengan lebih baik, ketimbang loose powder atau bedak tabur.

5.   Memperbaiki kondisi kulit.

Dengan semakin banyaknya nutrisi, anti-oksidan dan mineral yang terkandung dalam setiap wadahnya, bedak ternyata tidak hanya menempel jadi topeng tambahan tapi juga dapat menutrisi kulit wajah yang  lelah menggunakan kosmetik setiap hari. Ini membuat wajah dapat terlihat oke sekaligus merasa muda lagi pada waktu yang bersamaan.

Bagaimana? Dilihat dari fungsinya yang ternyata berpengaruh besar bagi kesehatan wajah, mulai sekarang Anda harus berhati-hati memilih bedak ya! Ketika melihat label kelebihannya, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhanmu dan tidak berlebihan.

Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi orang-orang (kaum perempuan). Lebih dan kurangnya, penulis mohon maaf.