Tips Memakai dan Membersihkan Make Up Untuk Wajah yang Berjerawat

Tips Memakai dan Membersihkan Make Up Untuk Wajah yang BerjerawatMEDIKALOGI.COM – Dilema yang dilanda sebagian orang dengan jenis kulit berminyak umumnya ialah timbulnya jerawat di bagian wajah akibat banyaknya kelenjar minyak yang diproduksi oleh hormon endrogen.

Kulit wajah yang berjerawat memang menjadi dilema tersendiri bagi sebagian besar perempuan di dunia. Kebanyakan orang baik perempuan maupu pria, jika sedang di landa bencana ini, tentunya sangat menjengkelkan. Nah, seringkali mitos yang beredar adalah kita dilarang menggunakan make up di saat wajah ada jerawat. Apakah itu benar?

Ternyata tidak, kamu tetap bisa menggunakan make up di saat sedang dilanda bencana jerawat. Caranya?

Silahkan kamu simak tips memakai make up untuk kulit wajah yang berjerawat berikut ini agar kamu tetap bebas berkreasi dengan make up tanpa membuat kulit menjadi semakin rusak.

Make Up

Foundation atau BB Cream

Untuk kamu yang sedang berjerawat, sebaiknya pilih foundation atau BB Cream yang bertekstur ringan. Ingat, tujuanmu bermake up di saat berjerawat adalah untuk tampil tetap segar, bukan menutupi jerawat secara total. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan foundation ringan daripada yang full coverage, karena dikhawatirkan akan menyumbat pori-pori dan hanya akan memperparah jerawatmu.

Untuk cara pengaplikasian, sebaiknya kamu menggunakan jari yang bersih kemudian di tepuk perlahan (jangan digosok). Hindari penggunaan sponge karena akan mentransfer kuman dan bisa memperparah jerawatmu.

Bedak Tabur

Untuk orang yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia, kulit lebih gampang berminyak. Oleh karena itu, untuk menjaga agar foundation atau BB Cream mu tidak meleleh alias luntur, taburkan bedak tabur terutama di area-T (dahi, hidung, dagu). Gunakan kuas atau brush untuk tampilan ringan. Hindari penggunaan bedak padat di saat berjerawat, karena lebih menutup pori.

Concealer

Apabila memang jerawat terlihat sangat mengganggu, kamu bisa mencoba menggunakan concealer. Hanya gunakan concealer pada area yang berjerawat. Gunakan jari yang bersih dan tepuk perlahan hingga menutupi jerawat dengan sempurna.

Pemulas Pipi (Blush)

Sebaiknya pilih pemulas pipi dengan tekstur powdery dan matte. Tekstur yang powdery lebih gampang di aplikasikan dan tidak terlihat glowy. Pilih juga yang hasil akhirnya matte, karena apabila kamu menggunakan blush dengan hasil akhir shimmer maka hanya akan menonjolkan minyak dan jerawatmu. Hindari juga blush dengan tekstur creamy atau cair karena akan membuat wajah terlihat berminyak.

Perawatan Kulit

Membersihkan Make Up

Selain tips di atas bermake up, kamu juga harus memerhatikan cara pembersihannya. Pembersihan yang tidak sempurna dapat mengakibatkan jerawat baru dan memperparah jerawat yang sudah ada.

Jangan lupa untuk selalu melakukan double cleansing. Pertama, bersihkan wajah dengan menggunakan make up remover atau cleansing milk/cream. Kamu bisa menggunakan kapas untuk area yang sulit dijangkau dan sensitif seperti mata, bulu mata, dan bibir. Ingatlah untuk tidak menggosok terlalu keras karena mampu menyebabkan iritasi. Setelah selesai, lanjutkan dengan mencuci wajah dan bilas bersih.

Kemudian kamu bisa melanjutkan langkah berikutnya yaitu perawatan kulit dengan pelembap, serum, dan lain-lain.

Itulah beberapa tips dan cara membersihkan make up yang singkat disaat kamu sedang dilanda bencana jerawat yang sangat menjengkelkan itu. Lebih dan kurangnya tips-tips di atas, penulis mohon maaf!

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

Obat kuning bertuliskan def, sambiloto bisa menggugurkan, Cara menghilangkan bekas iler di sudut bibir, cara melepas behel dengan baking powder, manfaat minyak gpu untuk ayam aduan, cara membuat handbody racikan makassar, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri, DAUN wisa, pepek anak SD