Pengertian Dan Jenis – Jenis Mastalgia

Wanita biasanya akan mengalami rasa nyeri ini saat menstruasi. Rasa nyeri tersebut biasanya dirasakan di sebelah kanan atau kiri payudara. Sebenarnya rasa nyeri tersebut normal, karena saat menstruasi terjadi perubahan hormonal pada wanita.

Nyeri tersebut bisa disebabkan oleh beberapa hal; benturan, kehamilan, menyusui, menjelang menopuase, menjelang pubertas, atau infeksi payudara, kanker payudara (tapi tidak setiap kanker payudara memiliki gejala demikian).

Payudara Terasa Nyeri Tetapi  Bukan Kanker Payudara

Artikel berikut ini akan membahas tentang mastalgia. Mastalgia yaitu nyeri pada payudara dan umumnya di klasifikasikan sebagai siklus (terkait dengan periode menstruasi) atau nonsiklik. Nyeri nonsiklik dapat berasal dari payudara atau mungkin berasal dari tempat lain, seperti otot di dekatnya atau sendi, dan dapat dirasakan di payudara. Nyeri tersebut dapat berkisar dari ketidaknyamanan kecil untuk rasa sakit parah melumpuhkan dalam beberapa kasus.

Jenis – jenis Mastalgia

1.   Mastalgia Siklik

Mastalgia Siklik adalah nyeri payudara yang berhubungan dengan siklus menstruasi dan hampir selalu hormonal. Beberapa wanita mulai memiliki nyeri sekitar waktu ovulasi yang berlanjut sampai awal siklus menstruasi mereka. Rasa sakit dapat menjadi hampir tak terlihat atau sangat parah sehingga perempuan itu tidak bisa memakai pakaian ketat atau mentolerir kontak dekat apapun. Rasa sakit dapat di rasakan hanya dalam satu payudara atau mungkin di rasakan sebagai sensasi memancar di wilayah bawah lengan.

2.   Mastalgia Nonsiklik

Mastalgia Nonsiklik adalah nyeri payudara yang cukup jarang, terasa berbeda dari Mastalgia siklik, dan tidak bervariasi dengan siklus menstruasi. Umumnya, rasa sakit hadir sepanjang waktu dan dalam satu lokasi tertentu. Salah satu penyebab nyeri payudara nonsiklik adalah trauma, atau pukulan ke payudara. Penyebab lainnya dapat termasuk rasa sakit rematik dalam rongga dada dan di leher, yang memancarkan ke payudara.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

url:avatars mds yandex net/get-images-cbir/12846303/uIW2bgo5cItDpX8diqZpww6850/orig, pepek anak SD, cara membuat handbody racikan makassar, cara melebatkan bulu kemaluan, DAUN wisa, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat