Akibat Bila Selalu Mengganti Lipstik

Akibat Bila Selalu Mengganti Lipstik MEDIKALOGI.COM – Untuk para wanita pasti sudah tak asing lagi dengan lipstik. Benda yang mempunyai banyak pilihan warna ini bahkan jadi benda yang sangat dibutuhkan untuk sebagian wanita.


Rata-rata wanita modern pasti menggunakan lipstik setiap harinya. Namun, tanpa disadari, ada sebagian dari wanita yang kerap mengganti lipstiknya karena beragam alasan.

Apakah Anda tahu bahwa ternyata ada bahaya yang disebabkan oleh seringnya mengganti lipstik yang Anda pakai? Meskipun menggonta-ganti lipstik merupakan sesuatu  yang menyenangkan akan tetapi fakta mengungkapkan kebiasaan menggonta-ganti lipstik memberi efek buruk bagi pemakainya.

Ada wanita yang menyukai lipstik dengan warna bibir atau nude, warna cerah seperti pink, merah, oranye hingga warna ekstrim seperti putih dan hitam.

Dengan perkembangan trend warna lipstik dari berbagai merk, tidak jarang keinginan menambah koleksi lipstik muncul sehingga gonta-ganti lipstik menjadi hal yang biasa dilakukan.

Menggonta-ganti lipstik memang menyenangkan. Selain bisa disesuaikan dengan warna baju yang dikenakan, gonta-ganti lipstik juga bisa menjawab rasa penasaran pada lipstik yang sedang trend masa kini.

Bibir Hitam

Lipstik seringkali digunakan untuk membuat seseorang tampil lebih fresh di berbagai kesempatan, itulah mengapa para wanita seringkali menggunakan lipstik yang berbeda seperti warna soft untuk dipakai di rumah dan memakai lipstik warna tegas untuk pergi.

Kebiasaan ini tanpa disadari ternyata bisa membuat bibit menjadi gelap atau kehitaman. Untuk meminimalisir bibir menjadi hitam gunakan lipstik yang berkualitas dan minimalisir menggonta-ganti lipstik.

Bibir Pecah-Pecah

Seringkali orang tidak menyadari bahwa kebiasaan menggonta-ganti lipstik dapat memberi efek buruk pada kesehatan bibir pemakainya. Setiap orang memiliki kepekaan berbeda-beda pada lipstik.

Ketika seseorang membeli lipstik karena melihat teman cocok dengan lipstik tersebut dan hasilnya bagus maka koleksi lipstik menjadi bertambah dan menjadi sering gonta-ganti lipstik. Padahal teman atau kerabat cocok dengan lipstik merk A belum tentu lipstik tersebut cocok untuk Anda.

Dampak yang seringkali terjadi adalah bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Jika terus dilanjutkan pemakainannya bukan tidak mungkin akan membuat bibir menjadi luka karena bibir bertambah kering. Untuk mengatasi jika bibir sudah terlanjur kering adalah pilihlah lipstik yang memiliki pelembab yang lebih.

Bibir Gatal

Seringkali menggonta-ganti lipstik ternyata bisa juga memberi dampak bibir menjadi gatal. Hal ini disebabkan oleh pewarna, perasa atau pewangi pada lipstik yang dapat menimbulkan alergi apabila diaplikasikan ke bibir terlalu sering.

Merusak Gigi

Hobi mengonta-ganti lipstik ternyata bisa memberi efek buruk pada kesehatan gigi. Pada lipstik terdapat parafin yang menjadi salah satu bahan untuk membuat lipstik.

Menurut pelitian di salah satu Universitas di Brazil, parafin pada lipstik dapat merusak enamel gigi, jika menggunakan lipstik berulang-kali dalam sehari dalam kurun waktu tertentu dapat menyebabkan gigi menjadi keropos. parafin memiliki sifat mudah menempel pada gigi.

Terlebih ketika lipstik diaplikasikan ke bibir, parafin akan dengan mudah menempel di gigi.  Hal ini menyebabkan bakteri dengan mudahnya cepat berkembang dan menular sehingga mengakibatkan gigi keropos. Terlebih penggunaan lipstik yang berulang kali dapat berakibat retaknya gigi.

Bibir Berair dan Bengkak

Kebiasan menggonta-ganti lipstik dapat membuat bibir menjadi berair dan bengkak. Hal ini disebabkan oleh  alergi pada bahan yang terkandung pada lipstik. Jika dilanjutkan pemakaiannya dapat berdampak pada paru-paru jika sampai menimbulkan bersin-bersin dan gatal di hidung.

Hobi menggonta ganti lipstik memang memiliki reksiko tersendiri. Agar terhindar dari bahaya akibat menggonta-ganti lipstik, pilihlah lipstik yang memiliki kandungan bahan yang alami untuk meminimalisir bahan kimia yang terkandung.