Ciri Ciri Bibir Alergi Lipstik

Loading...

MEDIKALOGI.COM – Wanita mana sih yang tidak ingin memiliki bibir yang cantik, sehat dan seksi hal ini merupakan dambaan setiap wanita. Namun terkadang banyak wanita mengeluhkan seputar masalah yang dialami oleh bibirnya. Bibir seringkali berubah warna menjadi hitam kebiruan, gatal dan bengkak. Inilah yang menjadi pertanyaan banyak wanita apakah yang menyebabkan masalah ini?

ciri-ciri-bibir-alergi-lipstikSalah seorang pakar kecantikan Dr. Deby Spesialis Anti-Aging Medicine mengatakan “bibir yang cantik adalah yang lembut bercahaya, kenyal, berwarna merah muda cerah dan sehat. Namun jika jika bibir sehat tersebut berubah menjadi hitam artinya ada faktor lain yang mendasarinya sehingga perubahan tersebut terjadi”.

Seorang wanita mengeluhkan perubahan yang dialami oleh bibirnya. Apakah karena lipstik yang tidak cocok dengan tekstur kulit bibirnya atau ada hal lain. Seorang dokter di RSUD Kota Mataram yaitu dr.Fildzah Khairina memberikan jawaban dalam hal ini.

Bibir yang mengalami msalah seperti berubah warna menjadi hitam kebiruan, gatal dan bengkak, kemungkinan penyebabnya adalah iritasi, yang disebabkan oleh suatu zat tertentu yang mungkin terdapat dalam lipstik yang Anda gunakan. Gejala dari iritasi hampir sama seperti gejela alergi biasanya adalah rasa gatal, bengkak, kemerahan, panas, dan sebagainya.

Kadang-kadang kulit dapat menghitam apabila terlalu sering terpapar zat yang menyebabkan iritasi tersebut. Untuk memastikan penyebab keluhan pada bibir yang bermasalah, sebaiknya periksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin, agar dokter dapat melihat langsung keluhan yang Anda alami.

Apabila benar keluhan yang Anda alami adalah iritasi, kemungkinan obat yang diberikan adalah golongan kortikesteroid, dan juga antihistamin untuk mengurangi gatalnya. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan, sebelum memeriksakan diri ke dokter.

  • Stop penggunaan pewarna bibir
  • Banyak konsumsi air putih
  • Stop merokok, mengkonsumsi kafein, maupun makan minum beralkohol
  • Lindungi dari sinar matahari
  • Bila bibir masih sangat bengkak, dapat dibantu dengan menggunakan kompres air hangat

Demikian ulasan medikalogi untuk Anda semoga bermanfaat…

Loading...