Penyakit Pada Ujung Kepala Penis Pria

Penyakit Balanitis Pada PriaMEDIKALOGI.COM – Tahukah Anda apa itu yang di maksud dengan penyakit balanitis pada pria? Penyakit Balanitis atau yang biasa di kenal dengan penyakit radang kepala penis (ujung penis) ini merupakan salah satu Penyakit kelamin pada pria di mana adanya peradangan pada daerah ujung penis yang berbentuk kerucut.


Hal ini dikarenakan adanya kebiasaan buruk para penderita yang sering dilakukan setiap hari sehingga kebiasaan buruk tersebut mengakibatkan peradangan pada ujung penis ataupun kepala penis.

Kebiasaan buruk tersebut adalah para penderita sering onani menggunakan sabun, kurang memperhatikan kebersihan ketika sudah buang air kecil, kelembaban suhu pada daerah alat vital yang tidak efektif dan jarangnya mengganti pakaian dalam mereka sehingga adanya kuman, ataupun virus yang dapat mengakibatkan peradangan.

Secara umum, jamur atau infeksi bakteri di bawah kulup menyebabkan posthitis. Radang pada kepala penis dan kulup (balanoposthitis) bisa juga terjadi. Peradangan tersebut menyebabkan nyeri, rasa gatal, kemerahan, bengkak dan bisa akhirnya menyebabkan penyempitan (stricture) pada urethra.

Pria yang mengalami balanoposthitis mengalami peningkatan resiko berkembangnya balanitis xerotica obliterans, phimosis, paraphimosis, dan kanker di kemudian hari.

Penyebab Balanitis     

Kebanyakan kasus balanitis terjadi pada pria yang tidak melakukan sunat dan mereka yang tidak menjaga kebersihan alat vital. Penyebab lainnya adalah dermatitis (peradangan kulit), yang disebabkan oleh alergi atau sensitif terhadap zat tertentu, misalnya sabun mandi, minyak wangi atau deterjen. Infeksi. Misalnya akibat virus penyakit menular seks.

Penyebab Lain Balanitis     

Penyebab lain terlalu sering onani setiap hari. Mencari gairah bersemangat tindakan onani Terlalu mudah untuk membuat kulup brutal cedera. Kerusakan kecil sulit untuk mendeteksi, Kebiasaan jangka panjang sangat mudah untuk membuat bakteri kontaminasi, Akan menyebabkan penyakit balanitis.

Gejala Umum Balanitis

  • Peradangan pada daerah kulup.
  • Warna kepala penis kemerahan dan bengkak.
  • Saat buang air kecil terasa panas, tpi ini jarang terjadi.
  • Adanya pembengkakan kelenjar getah bening pada selangkangan.
  • Badan menggigil dan demam.
  • Rasa sakit dan gatal pada penis.

Pengobatan Balanitis

Menjaga kebersihan dengan membersihkan prepusium dan mencucinya dengan larutan garam faal pada fase akut. Pengobatan penyebab yang mendasarinya, antibiotik yang tepat, sunat bila fimosis menetap.

Perawatan Balanitis

Sebagai perawatan, diagnosis diperlukan pada saat pemeriksaan. Namun, pengobatan tergantung pada penyebabnya, sehingga dapat diambil tindakan dengan mengambil cairan untuk mengidentifikasi penyakit menular seksual umum. Tes darah juga dapat mengidentifikasi penyebabnya.