Teknik Operasi Penekanan Pada Nyeri Pinggang

Teknik Operasi Penekanan Pada Nyeri PinggangMEDIKALOGI.COM – Pada umumnya nyeri pada bagian pinggang merupakan salah satu keluhan yang sering dijumpai di tengah masyarakat.

Penelitian menyebutkan bahwa setiap manusia pernah mengalami nyeri pada pinggang suatu kali dalam masa hidupnya. Hal ini pastilah sangat mengganggu, bukan hanya menimbulkan rasa tidak nyaman atau sakit, tapi juga menghambat produktifitas di kehidupan sehari-hari.

Banyak sekali penyebab nyeri pinggang pada manusia. Bisa karena infeksi pada otot atau tulang belakang, trauma atau benturan yang hebat pada pinggang, kelainan pada tulang belakang, dan lain-lain. Salah satu yang cukup sering adalah yang dinamakan Herniated Nucleus Pulposus (HNP).

Sebelum kita mengulas tentang HNP, mari kita pelajari terlebih dahulu sedikit tentang struktur tulang belakang. Tulang belakang terdiri dari 33-34 ruas tulang. 7 di daerah leher, 12 daerah dada, 5 daerah pinggang, 5 daerah sakrum, dan 4-5 tulang ekor.

Diantara setiap tulang belakang dari leher hingga pinggang terdapat suatu cakram yang berfungsi untuk membantu tulang belakang menopang beban tubuh, dinamakan intervertebral disk. Pada bagian tengah cakram ini terdapat suatu inti yang dinamakan nucleus pulposus. Cakram ini juga berfungsi sebagai peredam, sama seperti shock breaker pada mobil atau motor.

Faktor Penyebab Risiko HNP ini cukup beragam, antara lain :

  • Merokok.
  • Batuk yang terlalu lama.
  • Cara duduk yang salah.
  • Menyetir yang terlalu sering.
  • Cara mengangkat barang yang salah.
  • Dan lain-lain.

Seiring dengan bertambahnya usia, kemampuan cakram untuk menjalankan fungsinya juga menurun.

Faktor-faktor di atas dapat menyebabkan terjadinya herniasi, yaitu keluarnya suatu organ melalui suatu celah dalam tubuh. HNP dapat dianalogikan seperti terjadinya “turun bero”, tetapi terjadi pada daerah tulang belakang. Dapat dilihat pada gambar di samping  bahwa terjadi penonjolan kebelakang pada cakram yang bawah.

Penonjolan ini kemudian menekan saraf yang berjalan di belakang. Penekanan inilah yang menimbulkan keluhan. Keluhannya dapat berbagai macam dari nyeri pinggang, kesemutan di tungkai, hingga sakit yang luar biasa pada tungkai hingga berjalanpun sakit sekali. Penanganan dari penyakit ini dapat secara non-operatif, yang terdiri dari obat-obatan dan fisioterapi, atau dengan tindakan operatif.

Dewasa ini, para ahli di bidang bedah sedang berlomba-lomba untuk menciptakan suatu teknik operasi yang menghasilkan suatu sayatan yang minimal, atau bahkan tanpa sayatan. Teknik ini dinamakan minimally invasive surgery. Teknik ini memungkinkan masa perawatan yang jauh lebih cepat daripada operasi terbuka. Dan bagi pasien yang mengutamakan segi estetik, teknik ini dapat dibuat dengan sayatan dan bekas luka yang sangat kecil.

Perkembangan teknik ini di dunia penyakit HNP menghasilkan berbagai macam teknik, antara lain nucleotome, laser central decompression, dan  directed fragmentectomy. Setiap teknik pastinya mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Seperti contohnya teknik central decompression yang salah satunya dapat menggunakan suatu zat kimia bernama cymopapain yang dapat menyebabkan reaksi alergi dan spasme (ketegangan) dari otot. Pada prinsipnya, teknik minimally invasive  ini menggunakan suatu alat yang dinamakan artroskopi.

Alat ini merupakan suatu alat yang menggunakan suatu tabung berdiameter kecil yang panjang sehingga memungkinkan untuk dimasukkan ke dalam tubuh dengan sayatan yang kecil. Tabung ini dilengkapi dengan alat yang dibutuhkan untuk operasi serta kamera yang memungkinkan dokter bedah melihat organ di dalam tubuh melalui layar.

Keuntungan teknik ini selain dari kecilnya sayatan yang ditimbulkan, gambar yang terlihat dari layar dapat diperbesar puluhan kali sehingga kelainan yang kecilpun dapat terlihat.

Bagi Anda yang sangat terganggu dengan nyeri pinggang yang disebabkan oleh HNP, Anda dapat memikirkan untuk menjalani operasi ini. Tetapi tentunya Anda harus menemui dokter spesialis orthopaedi dan traumatologi terlebih dahulu untuk mendiskusikan tentang teknik yang akan dipilih serta mengetahui keuntungan dan risiko dari operasi ini.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

cara membuat henna putih dari handbody, manfaat daun binahong untuk kelenjar getah bening, harga talsyn cl, cara membuat handbody racikan makassar, pepek anak SD, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, harga excimer 1 box, cara memperbesar tahi lalat, handbody racikan dokter makassar, cara melepas behel dengan baking powder