17 Poin Penyebab Jerawat Muncul Di Wajah

Penyebab Jerawat Muncul Di Wajah RemajaMEDIKALOGI.COM – Memiliki wajah yang bersih bebas dari jerawat merupakan salah satu keinginan utama bagi setiap orang, baik pria maupun wanita. Jerawat menjadi masalah yang umum terjadi pada seseorang sebab jerawat bisa mengurangi tingkat kepercayaan diri seseorang.


Kita tahu bahwa jerawat itu timbul karena adanya peradangan yang disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori kulit dengan kotoran. Minyak yang dihasilkan oleh kelenjar bawah kulit kita bercampur dengan sel kulit mati dan bakteri. Adanya kotoran di wajah menyebabkan minyak berlebih tersebut tidak bisa keluar dengan lancar sehingga timbullah jerawat.

Kitajuga tahu bahwa ada beberapa faktor pendorong timbulnya jerawat. Yang tidak bisa dihindari adalah aktifitas hormon yang mendorong produksi minyak lebih dari biasanya, misalnya saat masa puber, kehamilan dan saat menstruasi.

Beberapa jenis makanan juga bisa mendorong produksi minyak, misalnya makanan pedas yang akan meningkatkan suhu tubuh. Stress juga dapat meningkatkan produksi minyak.

Dan kita tahu, bahwa salah satu tipe kulit adalah jenis berminyak, sehingga tidak dapat dihindari bila Anda suatu waktu dikunjungi oleh jerawat. Untuk itu banyak cara merawat wajah yang dilakukan untuk mendapatkan wajah yang sehat, putih, bersih dan terbebas dari jerawat.

Di bawah ini ada 17 poin penyebab munculnya jerawat yang mengganggu penampilan, seperti:

  • Pori-pori yang tersumbat akan menimbulkan kantung nanah yang meradang.
  • Perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Perubahan hormon ini menyebabkan penyumbatan saluran pori-pori sehingga minyak menumpuk kemudian berkolaborasi dengan bakteri.
  • Matinya sel kulit. Sel kulit ini diakibatkan oleh kelebihan kelenjar minyak yang giat diproduksi hormon. Sel kulit mati bercampur dengan debu dan kotoran hingga lengket dan tebal.
  • Bakteri yang terus berkembang biak di dalam kelenjar sebaceous menjadi tersumbat dan akhirnya menimbulkan iritasi di daerah sekitarnya. Daerah yang terkena iritasi membengkak dan pecah sehingga menyebarkan radang ke tempat yang lebih besar.
  • Penggunaan kosmetik yang mengandung minyak menyebabkan penyumbatan pori-pori. Untuk itu hindari kosmetik yang mengandung minyak dan menggantinya dengan non minyak atau yang berbahan alami.
  • Penggunaan bedak dengan foundation yang menyebabkan bubuknya menyumbat pori-pori apalagi jika penggunaan bedak ini dilakukan tanpa istirahat atau seharian penuh dan tidak dibersihkan menjelang tidur.
  • Alergi pada kosmetik yang tidak cocok dengan jenis kulit. Biasakan untuk mengetes dulu kosmetik yang akan digunakan ke belakang telinga atau pundak tangan. Jika menjadi kemerahan dan gatal sebaiknya jangan digunakan.
  • Mengkonsumsi obat kortikosteroid, baik oral (obat minum) maupun topical (obat oles), yang mengakibatkan daya tahan tubuh menurun sehingga meningkatkan potensi timbulnya jerawat yang disebabkan oleh aktifitas bakteri yang meningkat.
  • Respon yang berlebihan pada peradangan sehingga meninggalkan bekas di kulit.
  • Kulit wajah yang jarag dibersihkan sehingga menimbun kotoran. Biasakan untuk membersihkan wajah pada setiap bangun dan sebelum tidur.
  • Kurangnya istirahat kulit dari penggunaan kosmetik. Jika profesi Anda menuntut Anda untuk terus menggunakan kosmetik, Anda tetap harus beberapa saat melepaskan kosmetik itu misalnya dengan mengganti kosmetik lama dengan pembersih wajah baru kemudian menggunakan kosmetik baru.
  • Kurangnya istirahat tubuh sehingga wajah menjadi mudah lelah.
  • Pola makan yang kurang sehat. Makanan berlemak dan berminyak mencetuskan jerawat. Untuk itulah cobalah untuk mulai mengkonsumsi makanan sehat bergizi dan kaya serat seperti buah dan sayur.
  • Stres yang mengakibatkan semakin berkembang cepat jerawat karena produksi minyak yang meningkat.
  • Menggunakan tekanan pada wajah yang berlebihan seperti menggunakan posel terlalu lama sehingga bakteri menular ke wajah.
  • Menggunakan pakaian, handuk, dan sarung bantal yang jarang dicuci atau kotor. Debu yang menempel pada apa yang kita gunakan akan menempel pada kulit wajah kita, atau bagian tubuh lainnya sehingga mencetuskan jerawat.
  • Menggunakan kosmetik rambut yang mengenai kulit wajah.

Nah, dari ke 17 poin di atas yang menyebabkan munculnya jerawat yang mengganggu penampilan Anda, nomor berapakah yang menyebabkan timbulnya jerawat di wajah Anda?.