Penyakit Gatal-Gatal

Penyakit gatal-gatal merupakan jenis penyakit kulit yang menyebabkan kita selalu ingin menggaruk. Penyakit ini selain menimbulkan rasa tidak nyaman juga bisa mengakibatkan kulit kita menjadi lecet-lecet. Penyakit gatal-gatal ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya adalah : infeksi jamur, alergi terhadap jenis makanan tertentu (seperti: ikan, udang, dll), alergi bahan tertentu pada kain pakaian, penyakit kencing manis (terutama pada malam hari), alergi obat-obatan tertentu (seperti pinisilin), serta gatal-gatal karena cuaca.

Gatal merupakan iritasi pada kulit yang memunculkan dorongan untuk menggaruk. Gatal merupakan masalah umum dan bisa lokal (terbatas pada satu bagian tubuh) atau umum (terjadi di seluruh tubuh atau di beberapa bidang yang berbeda). Istilah medis untuk gatal adalah pruritus.

Penyakit Gatal-Gatal

Gatal dapat disebabkan oleh berbagai kondisi. Mungkin yang paling umum yang menyebabkan gatal adalah psikologis, yaitu, karena stres, kegelisahan, dll. Stres juga dapat memperburuk gatal dari penyebab lain. Kulit kering merupakan salah satu penyebab sering dari gatal. Banyak orang juga melaporkan sengatan berkepanjangan berikut paparan radiasi UV dari matahari dapat menyebabkan gatal. Penyebab lainnya adalah gangguan metabolisme dan endokrin (misalnya, hati atau penyakit ginjal, hipertiroidisme), kanker (misalnya limfoma), reaksi terhadap obat-obatan, dan penyakit darah (misalnya, polisitemia vera). Gatal juga dapat hasil dari sengatan dan gigitan serangga seperti dari gigitan nyamuk atau kutu.

Infeksi dan infestasi dari kulit adalah penyebab lain gatal. Penyebab umum infeksi termasuk infeksi jamur pada selangkangan (tinea cruris) biasa dikenal sebagai atlet gatal, serta vagina gatal dan / atau anus gatal dari penyakit menular seksual (PMS) atau jenis infeksi lain.

Penyakit Gatal-Gatal

Gejala.

Dorongan untuk menggaruk pada daerah yang gatal.

Perawatan.

Menggaruk bagian yang gatal hanya melegakan untuk sementara tapi tak menyembuhkan gatal. Dokter biasanya akan memberikan atihistamin untuk mengobati gatal.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

pepek anak SD, cara membuat handbody racikan makassar, cara melebatkan bulu kemaluan, DAUN wisa, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri