Penyebab dan Cara Mengatasi Ngiler Saat Tidur

Penyebab dan Cara Mengatasi Ngiler Saat TidurMEDIKALOGI.COM – Ada banyak kejadian-kejadian yang sering dialami sebagian besar orang di dunia ini dan kejadian itu di luar kesadarannya sendiri. Karena kejadian itu terulang terus menerus, maka kejadian itu di jadikan sebagai kebiasaannya.


Kebiasaan ngiler pada saat tidur inilah sering sekali dialami oleh sebagian besar orang  dan kebiasaan ini memang sangat sulit dihilangkan secara langsung.

Ngiler merupakan suatu kondisi abnormal keluarnya air liur dari mulut. Istilah medisnya disebut sebagai ptyalism, itu adalah kasus umum dialami setiap orang. Orang-orang yang memiliki masalah ini sering terbangun dengan bantal sudah basah.

Meneteskan air liur selama tidur tidak terlalu sulit untuk dihentikannya, cukup dengan melakukan perubahan yang sederhana saja dalam dalam perilaku tidur.

Penyebab ngiler

Berikut ini adalah beberapa penyebab ngiler saat tidur Anda :

1.   Tidur miring

Tidur miring akan menyebabkan air liur mengalir keluar dari mulut.

2.   Mulut terlalu kering

Mulut yang terlalu kering menyebabkan kelembaban dari mulut hilanga, sehingga untuk mengatasi itu mulut akan memproduksi air liur berlebih.

3.   Mulut terbuk

Tidur dengan kondisi mulut terbuka akan menyebabkan keluarnya air liur, apalagi bila ternyata produksi air liur cukup banyak akibat dari mulut terlalu kering.

4.   Efek samping dari obat yang di konsumsi

Beberapa jenis obat terkadang memiliki efek samping seperti mulut kering atau menyebabkan adanya gangguan pada kelenjar yang bertugas memproduksi air liur.

5.   Adanya masalah pada gigi

Beberapa gangguan seperti infeksi pada gigi atau gusi bisa mempengeruhi produksi air liur.

6.   Anatomi mulut

Beberapa orang ada yang memiliki anatomi mulut yang tidak normal, seperti lidah yang terlalu besar, gigi yang terlalu rapat atau pembesaran kelenjar limpa.

Cara mengatasi ngiler

  • Tidur Terlentang

Posisi tidur miring adalah penyebab utama terjadinya ngiler. Untuk itu, gantilah posisi tidur Anda menjadi telentang. Jika agan/sis yang gak bisa tidur terlentang, tidur miring ajah. Tapi posisi harus PELIPIS yang nempel dibantal, emang agak sakit sih. Tapi kalo PIPI yang nempel dibantal, iler agan/sis bakalan keluar. Gak percaya? Buktiin ajah sendiri

  • Letakkan bantal yang tinggi di bawah kepala

Jika Anda tak bisa tidur dengan posisi telentang, letakkan bantal yang lebih tinggi di bawah kepala sehingga posisi agan jadi lebih nyaman.

  • Bernafas lewat hidung bukan mulut

Alasan utama kenapa banyak orang ngiler saat tidur adalah karena mereka bernafas lewat mulut mereka, bukan hidung. Karenanya sangat dianjurkan bagi Anda untuk bernafas lewat hidung ketika tidur.

Jika cara mengatasi ngiler Anda tidak berhasil maka jangan ragu-ragu untuk mengunjungi dokter. Saya yakin para pakar kesehatan akan mencoba untuk mengetahui faktor-faktor penyebab Anda ngiler dan menyarankan langkah-langkah perbaikan untuk mengatasinya.