Tips dan Cara Untuk Mencegah Kanker Payudara

Mencegah Kanker PayudaraKanker payudara bisa terjadi pada siapa saja, tanpa memperhitungkan ada atau tidaknya faktor risiko. Namun, pada wanita dengan kondisi tertentu, risiko kanker payudara menjadi lebih tinggi.


Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang banyak dialami oleh wanita di Indonesia. Berdasarkan data Statistik penderita kanker payudara menunjukkan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, kejadian kanker payudara semakin menimpa usia muda, dampak serius pada kesehatan fisik dan mental perempuan muda.

Para ahli mengungkapkan bahwa kejadian alasan kanker payudara yang lebih muda, terkait erat dengan perubahan kebiasaan, pekerjaan perempuan dalam tekanan masyarakat modern, kehidupan yang serba cepat, kurang tidur, gaya hidup tidak teratur, menyebabkan gangguan endokrin, ini mungkin adalah faktor dari kanker payudara.

Di bawah ini ada beberapa tips dan cara untuk  mencegah kanker payudara :

1.   Olahraga secara teratur

Baru-baru ini, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Buletin US National Cancer Institute menunjukkan bahwa olahraga dapat menurunkan 60% dalam kejadian kanker payudara pada wanita sebelum dan setelah menopause. Penelitian lembaga penyelidikan Norwegia melakukan penelitian pada 25.624 wanita, dan menemukan bahwa mereka yang dalam seminggu setidaknya 4 jam berolahraga mengurangi risiko kanker payudara sebesar 37%.

2.   Mengontrol berat badan

Olahraga dapat mencegah kanker payudara, alasan mendasarnya adalah bahwa hal itu dapat mengontrol lemak tubuh. Sebuah penelitian Universitas Harvard menunjukkan bahwa kenaikan berat badan yang cepat setelah usia 18 tahun pada wanita, dibandingkan dengan perempuan yang mempertahankan berat badan standar untuk waktu yang lama, kemungkinan kanker payudara hampir dua kali lipat lebih tinggi.

3   Jangan minum alkohol

Para ahli percaya bahwa jika Anda minum satu anggur yang risiko penyakit kanker payudara meningkat sebesar 11%, minum dua kali sehari, risikonya adalah 24%, minum dua kali sehari atau lebih, maka risiko meningkat menjadi 40%. Jadi, menyarankan wanita yang suka minum, yang terbaik adalah untuk minum tidak lebih dari tiga kali seminggu, dan jumlah yang akan di moderasi.

4.   Mengonsumsi vitamin D

Hasil penelitian terbaru menunjukkan, vitamin D memiliki efek dalam pencegahan kanker payudara. Studi ini menemukan bahwa 200 unit internasional setiap hari (sekitar dua sdt vitamin D susu bubuk) vitamin D pada wanita, risiko kanker payudara menurun sekitar 30%. Dokter menyarankan, wanita berusia 50 tahun dan ke bawah, mengonsumsi setidaknya 200 unit internasional vitamin D setiap harinya, wanita di atas usia 50, dosis harian terbaik dari 400 sampai 600 unit internasional vitamin D.

5.   Banyak terkena sinar matahari

Terkait dengan vitamin D, banyak terkena sinar matahari juga dapat mengurangi kejadian kanker payudara, karena kulit baru memiliki vitamin D saat di bawah sinar matahari. Ahli AS mengatakan bahwa untuk kebanyakan orang, 10-15 menit di bawah sianr matahari setiap hari sudah cukup, jumlah vitamin D ini cukup bagi sesorang untuk menjaga tubuhnya. Namun, beberapa ahli telah mengusulkan, kulit terlalu banyak terpapar sinar matahari akan meningkatkan risiko terkena kanker kulit, paparan sinar matahari harus sesuai.

6.   Kehidupan seks

Wanita yang aktif secara seksual harus memperhatikan kehidupan seksual, dan memilih metode kontrasepsi yang sesuai, beberapa statistik menunjukkan bahwa di dalam penyakit payudara, sekitar 40% adalah orang yang melakukan aborsi, dan penyalahgunaan kontrasepsi wanita lebih rentan terhadap sejumlah penyakit payudara.

7.   Pemilihan Bra

Para wanita harus memperhatikan pemilihan bra dalam kehidupannya, bahan katun adalah tepat. Pola renda, bahan nilon dapat menyebabkan kulit payudara mudah alergi, dan juga benang kecil dapat masuk ke dalam puting, yang pada nantinya menyebabkan mastitis. Selain itu, ketatnya bra harus pas, bra yang ketat dapat menyebabkan suplai darah yang kurang dari payudara dan nyeri karena tertekan, dan dengan demikian dapat dengan mudah menyebabkan beberapa penyakit payudara.

Di atas adalah tips kecil untuk mencegah kanker payudara, diharapkan dapat membantu para kaum wanita/ perempuan. Selain itu para ahli juga menyarankan kepada kaum wanita/perempuan harus melakukan dua kali pemeriksaan payudara kesehatan dalam 1 tahun.