Cefotaxime Adalah Antibiotika Bakterisid

Cefotaxime adalah antibiotic golongan sefalosporin generasi ketiga yang mempunyai khasiat bakterisid dan bekerja dengan menghambat sintesis mukopeptida pada dinding sel bakteri. Cefotaxime sangat stabil terhadap hidrolisis beta laktamease, maka Cefotaxime digunakan sebagai alternatif lini pertama pada bakteri yang resisten terhadap Penisilin. Cefotaxime memiliki aktivitas spectrum yang lebih luas terhadap organisme gram positif dan gram negatif. Aktivitas Cefotaxime lebih besar terhadap bakteri gram negatif sedangkan aktivitas terhadap bakteri gram positif lebih kecil, tetapi beberapa streptococci sangat sensitif terhadap Cefotaxime.

Pada pengobatan dengan Cefotaxime, bila pasien memiliki volume distribusi sangat kecil, sebagian besar obat ada didalam darah. Antibiotik Cefotaxime ini dapat diberikan secara i.v. dan i.m. karena absrpsi di saluran cerna kecil. Masa paruh eliminasi pendek sekitar 1 jam, maka diberikan tiap 12 jam MIC dapat dicapai dalam waktu 10 jam. Ikatan protein plasma sebesar 40 %. Ekskresi pada ginjal, hati-hati pemberian pada wanita menyusui karena Cefotaxime juga diekskresi melalui air susu ibu.Pengobatan dengan Cefotaxime yang merupakan antibiotik spektrum luas dapat mengubah flora normal dari usus dan menyebabkan pertumbuhan yang berlebihan dari Clostridia. Toxin yang dihasilkan Clostridium difficile merupakan penyebab colitis. Jadi perlu hati – hati untuk pasien yang memiliki gangguan pencernaan.

Cefotaxime Adalah Antibiotika Bakterisid

Sefalosporin merupakan antibiotika bakterisid yang mekanisme kerjanya mirip dengan golongan penisilin. Antibiotik-antibiotik -lactam ini menghambat pembentukan dinding sel bakteri pada tahap III dan tahap akhir dengan berikatan pada satu atau lebih protein-protein pengikat penisilin (PBPs) yang terdapat di membran sitoplasma di bawah dinding sel bakteri yang rentan. Cefotaxime memiliki afinitas yang besar terhadap PBPs Enterobacteriaceae.

Komposisi.

Tiap vial mengandung cefotaxime sodium setara dengan 1,0 g cefotaxime
Murrayae folium….. 120 mg

Indikasi.

Cefotaxime digunakan Untuk penyakit infeksi berat, terutama infeksi gram negatif, seperti :

  • Infeksi saluran pernafasan bawah, termasuk pneumonia, yang disebabkan oleh : S.pneumoniae, S.aureus (penghasil penisilinase dan bukan penghasil penisilinase), E.coli, Klebsiella, H. influenzae (termasuk yang tahan ampicillin), P.mirabilis, S.marcescens dan Enterobacter.
  • Infeksi saluran kemih yang disebabkan oleh : Enterococcus, S.epidermidis, Citrobacter, Klebsiella, Proteus, S.marcescens. Juga gonore ringan (uncomplicated) yang disebabkan oleh N.gonorrhoeae (termasuk yang menghasilkan penisilinase).
  • Infeksi ginekologis, termasuk penyakit inflamasi pelvis, Endometritis dan selulitis yang disebabkan : S.epidermidis, Streptococci, Enterococcus, E.coli, P.mirabilis, Bacteroides, Clostridium, Anaerobic cocci (termasuk Peptostreptococcus dan peptococcus).
  • Bacteremia / Septicema yang disebabkan oleh : E. coli, Klebsiella dan S. marcescens.
  • Infeksi kulit dan struktur kulit yang disebabkan oleh : S.aureus, S.epidermidis, S.pyogenes, Enterococcus, E.coli, Enterobacter, Klebsiella, P.mirabilis, Pseudomonas, S.marcescens, Bacteroides, Anaerobic cocci.
  • Infeksi perut yang disebabkan karena E.coli, Klebsiella, Bacteroides, Anaerobic cocci.
  • Infeksi tulang dan atau sendi yang disebabkan oleh S.aureus
  • Infeksi pasca operasi.

Dosis.

  • Dewasa 2 – 12 gram dalam dosis terbagi setiap 4 – 12 jam.
  • Infeksi sedang sampai berat 1 – 2 gram setiap 8 jam.
  • Infeksi yang memerlukan dosis lebih tinggi (Septicemia dll) 2 g, setiap 6 – 8 jam.
  • Infeksi yang mengancam kehidupan 2 gram setiap 4 jam.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

cara melebatkan bulu kemaluan, pepek anak SD, DAUN wisa, cara membuat handbody racikan makassar, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri