Bahaya Terjadinya Penyumbatan Pada Saluran Tuba Wanita

Bahaya Terjadinya Penyumbatan Pada Saluran Tuba WanitaMEDIKALOGI.COM – Menurut para ahli kesehatan, dari 10 orang mengalami kemandulan, ada 4 orang diantaranya terkena penyakit saluran tuba. Penyumbatan pada saluran tuba inilah yang merupakan faktor utama pemicu terjadinya kemandulan saluran tuba.

Penyumbatan yang terjadi bukan karena lemak atau daging, justru penyumbatan ini dilakukan oleh cairan saluran tuba itu sendiri.

Pertama, bakteri patogen akan menginfeksi saluran tuba seorang wanita. hal tersebut terjadi lantaran dalam saluran tuba terjadi infiltrasi leukosit. Akibatnya, akan terjadi pembengkakan pada endometrium.

Selain itu juga akan terjadi gangguan pada edema interstitial, eksudasi hingga terlepasnya epitel mukosa dari saluran tuba. Setelah itu, penyumbatan saluran tuba akan terjadi dan kemungkinan besar penderitanya akan segera menderita kemandulan saluran tuba.

Bahaya Penyumbatan Saluran Tuba

Apa Saja Bahaya Penyumbatan Saluran Tuba :

1.   Kemandulan

Menyebabkan wanita tidak dapat hamil, tidak bisa merasakan bahagianya menjadi ibu. Penyebabkemandulan akibat penyumbatan saluran tuba terutama karena infeksi berbagai macam bakteri patogen, seperti gonokokal, TBC, mycoplasma, chlamydia, berbagai macam bakteri aerob, dan anaerob. Hal ini menyebabkan kelainan fungsi saluran tuba karena terjadi perlekatan dan penyumbatan saluran tuba.

2.   Memicu kehamilan di luar rahim (ektopik)

Untuk itu, hal yang paling penting adalah mencegah penyumbatan saluran tuba. Setelah persalinan, aborsi, dan masa menstruasi harus memperhatikan kebersihan untuk menghindari infeksi serta jika ada peradangan segera berobat.

3.   Berdampak pada hubungan suami-istri

Jika pasangan suami-istri menginginkan anak, kemandulan istri menyebabkan ketegangan hubungan keduanya, mertua pasangan ikut cemas bahkan, bisa memicu perceraian dan keretakan rumah tangga.

Jika penyumbatan saluran tuba tidak segera diatasi, maka akan terjadi peradangan yang ditandai dengan keluarnya nanah dari saluran tersebut. Setelah peradangan ini mulai mereda, sedikit demi sedikit nanah yang tadinya keluar akan terserap.

Kemunculan nanah tadi membuat air dalam rahim berubah menjadi serosa. Setelah itu, terbentuklah cairan Hydrosalpinx yang kemudian membuat saluran tuba menjadi tersumbat. Penyumbatan saluran tuba inilah yang kemudian akan memicu munculnya masalah yang akan berujung pada kemandulan.

Masalah pertama yang diakibatkan oleh penyumbatan saluran tuba adalah penyakit kelamin. Apabila seorang wanita mengidap penyakit kelamin, maka peradangan saluran tuba akan semakin parah. Akibatnya, kemandulan tak dapat lagi dihindari. Selain itu, penyumbatan saluran tuba juga memicu terjadinya kondisi kejiwaan wanita menjadi sedikit terganggu. Kondisi ini akan menyebabkan saluran tuba mengalami kejang. Jika tidak segera ditindak lanjuti, bahaya yang mengancam akan semakin besar.

Masalah selanjutnya yang akan terjadi adalah tumbuhnya mium di rahim bagian atas. Mium ini akan memperparah kondisi kesuburan rahim. Disini, masalah reproduksi sudah menyerang di 2 tempat yaitu rahim dan saluran tuba. Tentu hal tersebut sangat berbahaya bagi seorang wanita.

Biasanya, dokter akan akan mengangkat mium setelah ukurannya mencapai standart tertentu. Mengapa begitu? Karena mium yang ukurannya di bawah standart masih memiliki kemungkinan untuk mengecil sendiri. Itulah penjelasan mengenai penyumbatan saluran tuba, sebuah penyebab utama terjadinya kemandulan saluran tuba.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

Cara membuat lem gigi sendiri, cara meracik handbody marina, pepek anak SD, cara melepas behel dengan baking powder, cara membuat handbody racikan makassar, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri, DAUN wisa, cara membuat henna putih dari handbody, harga talsyn cl