Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah jenis infeksi yang sangat sering terjadi. ISK dapat terjadi di saluran ginjal (ureter), kandung kemih (bladder), atau saluran kencing bagian luar (uretra).

Bakteri utama penyebab ISK adalah bakteri Escherichia coli (E. coli) yang banyak terdapat pada tinja manusia dan biasa hidup di kolon. Wanita lebih rentan terkena ISK karena uretra wanita lebih pendek daripada uretra pria sehingga bakteri ini lebih mudah menjangkaunya. Infeksi juga dapat dipicu oleh batu di saluran kencing yang menahan koloni kuman. Sebaliknya, ISK kronis juga dapat menimbulkan batu.

Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Infeksi saluran kemih atau sering disebut anyang-anyangan merupakan infeksi akibat bakteri di saluran kencing. Bakteri tersebut menempel dan berkembang biak di saluran kemih. Bakteri ini, jika tidak cepat ditangani dapat menjalar ke ginjal. Penyakit ini pada umumnya menyerang perempuan, tapi tidak menutup kemungkinan lelaki pun bisa terserang.

Gejala.

Sering kencing dan kesakitan saat kencing, rasa sakit sampai terbakar pada kandung kemih.

Pengobatan.

Infeksi saluran kencing diobati dengan obat-obatan antibiotika.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

pepek anak SD, cara membuat handbody racikan makassar, cara melebatkan bulu kemaluan, DAUN wisa, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri