Cara Pencegahan Penyakit Herpes Kelamin

Cara Pencegahan Penyakit Herpes KelaminMEDIKALOGI.COM – Setelah mengetahui apa itu penyakit herpes kelamin dan gejalanya, tentu Anda ingin mengetahui bagaimana cara mencegah penyakit herpes kelamin.

Pencegahan penyakit herpes kelamin tentu dilakukan dari diri kita sendiri dan keluarga, agar penyakit herpes kelamin tidak menular diantara anggota keluarga. Salah satu pencegahan herpes kelamin adalah dengan tidak melakukan kontak fisik terutama hubungan seksual dengan penderita herpes kelamin.

Herpes kelamin yaitu adanya infeksi menular seksual (IMS) yang menyerang pada kulit atau selaput lendir/membran mukosa dari mulut atau alat kelamin seseorang.

Berikut beberapa cara pencegahan herpes kelamin, seperti :

1.   Langkah pencegahan herpes kelamin yang utama yaitu menghentikan melakukan hubungan seksual segera setelah Anda merasa tanda-tanda herpes. Indikasi gejala herpes yaitu rasa terbakar, gatal, atau rasa kesemutan pada kulit. Jangan melakukan hubungan seksual melalui vagina, anal, atau oral seks walaupun memakai kondom. Tunggu sampai tujuh hari setelah luka anda sembuh. Virus ini dapat menyebar dari luka yang tidak tertutup oleh kondom. Herpes juga dapat menyebar melalui keringat atau cairan vagina ke tempat-tempat kondom yang tidak dilindungi kondom.

2.   Walaupun sudah sembuh, gunakan kondom untuk mengurangi risiko penularan herpes kelamin.

3.   Gunakan obat anti herpes. Risiko penularan dapat dikurangi jika penderita herpes mengkonsumsi obat anti-herpes secara teratur. Penggunaan sehari-hari obat ini disebut terapi supresif. Konsultasikan dengan dokter spesialis untuk penggunaan obat herpes genital yang tepat untuk anda.

4.   Langkah pencegahan herpes kelamin selanjutnya yaitu hindari menyentuh luka penderita herpes yang dapat menyebarkan virus dari penderita ke orang lain dari satu bagian tubuh ke bagian tubuh lainnya, terutama bagi yang baru pertama terkena herpes (herpes awal). Jangan menyentuh luka. Jika Anda melakukannya, lekas cuci tangan Anda dengan sabun dan air untuk membunuh virus. Cuci tangan setelah keluar dari kamar mandi, sebelum menggosok mata Anda, dan sebelum menyentuh lensa kontak.

5.   Jika Anda memiliki luka pada mulut Anda, jangan mencium siapa pun terutama bayi, anak-anak dan wanita hamil.

6.   Pola makan yang baik, cukup istirahat dan tidur, dan manajemen stres yang efektif dapat adalah cara pencegahan herpes kelamin kambuh kembali.

6.   Jika Anda memiliki herpes oral, hindari berjemur di bawah terik matahari .

Bagaimana Cara Pencegahan Herpes Kelamin Kambuh Kembali ?

Herpes tidak akan selalu kambuh, dan jika ia datang kembali, waktu dan tingkat keparahannya akan berbeda dari orang ke orang. Beberapa orang mungkin jarang kambuh. Pada orang lainnya ia akan sering muncul. Herpes paling sering kambuh pada tahun pertama setelah infeksi. Tingkat kekambuhan akan lebih sering untuk orang-orang dengan sistem kekebalan yang lemah.

Anda mungkin memiliki beberapa tanda-tanda peringatan dini sebelum herpes kambuh seperti kesemutan, rasa seperti terbakar, atau gatal-gatal dibagian yang pernah terkena sebelumnya. Tanda-tanda ini mungkin terasa beberapa jam atau sehari sebelum luka kembali muncul. Namun ketika gejala herpes kembali muncul, biasanya tidak separah infeksi awal.

Herpes oral dapat kambuh kembali oleh sengatan matahari, luka pada bibir, atau infeksi lainnya. Herpes genital dapat kambuh karena stres, pembedahan, menstruasi, hubungan seksual, dan iritasi kulit. Lakukan langkah pencegahan herpes kelamin di atas untuk mencegah herpes datang kembali dan bila ia datang kembali sebaiknya Anda segera melakukan pengobatan herpes kelamin.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

Cara membuat lem gigi sendiri, cara meracik handbody marina, pepek anak SD, cara melepas behel dengan baking powder, cara membuat handbody racikan makassar, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri, DAUN wisa, cara membuat henna putih dari handbody, harga talsyn cl