Cara Mengatasi Masalah Gagap Sejak Dini

Saran Azis Gagap Untuk Mengatasi Gagap SeseorangMEDIKALOGI.COM – Tidak tertutup kemungkinan jika di daerah tempat tinggal kita ada orang yang mengalami kesulitan dalam hal berbicara. Kesulitan dalam berbicara ini oleh masyarakat Indonesia dinamakan gagap.

Gagap merupakan gangguan bicara, dengan indikasi tersendatnya pengucapan kata-kata atau rangkaian kalimat. Kelainan ini dapat berupa kehilangan ide untuk mengeluarkan kata-kata, pengulangan beberapa suku kata, kesulitan mengeluarkan bunyi pada huruf-huruf tertentu, sampai dengan ketidakmampuan mengeluarkan kata-kata sama sekali.

Sebenarnya masalah gagap dapat dialami siapapun tanpa mengenal kelamin, umur, ataupun kebangsaannya. Kondisinya pun bervariasi dalam dimensi taraf, dari taraf ringan sampai berat, maka dari itu cara penangannya pun berbeda-beda.

Kegagapan dapat di definisikan sebagai gangguan berbicara di mana penderitanya mengulang kata, menarik kata kembali, berkata tidak lengkap, melewatkan kata, ataupun berbicara dengan kata-kata yang tidak bermakna.

Masalah ini terjadi saat otak tidak mampu mengirim dan menerima pesan dengan cara yang normal. Bahkan dokter pun belum bisa menjelaskan secara pasti mengapa hal ini terjadi.

Serangan ini biasanya terjadi pada anak-anak berumur 2 sampai 7 tahun yang masih belajar bicara, namun biasanya hilang seiring dengan perkembangan otak yang makin sempurna. Tetapi kegagapan dapat berlanjut dan semakin buruk, kondisi ini disebut dengan kegagapan yang berkembang (developmental stuttering). Jenis kegagapan ini tidak akan membaik tanpa adanya pengobatan lebih lanjut.

Kegagapan juga dapat diperoleh sebagai akibat dari cedera otak (biasanya dari cedera karena kecelakaan atau karena penyakit yang berhubungan dengan otak, seperti misalnya Alzheimer), atau terkadang juga dikarenakan trauma yang berat.

Masalah gagap dapat diatasi sejak dini dengan beberapa cara, antara lain :

1.   Konseling

Terapi ini berusaha mendidik orangtua ataupun orang terdekat dari penderita berkaitan dengan perkembangan berbicara dan bagaimana menanggapi mereka yang gagap dengan cara yang positif. Tanggapan yang tepat dapat membantu mereka terhindar dari masalah sosial dan emosional yang dapat berkembang. Anda pun dapat mendukung mereka agar terhindar dari kegagapan permanen.

2.   Terapi berbicara

Terapi ini mempunyai sejumlah pendekatan yang berbeda, tergantung pada faktor-faktor seperti usia, apakah masalah kegagapan ini ingin diatasi dengan sendirinya, dan tingkat masalahnya. Biasanya ahli patologi masalah berbicara dan berbahasa juga menggabungkan dan memperluas elemen dari teknik konseling.

Metode yang digunakan untuk mengobati kegagapan pada terapi ini dibagi menjadi dua, yaitu:

  • Pengobatan langsung

Metode ini berbentuk suatu interaksi pribadi antara ahli patologi dengan penderita kegagapan. Ahli patologi di sini akan mengajarkan penderita bagaimana membentuk kata-kata, berbicara secara perlahan, dan merasa santai walaupun saat kegagapan muncul.

Penderita juga dapat mempraktekkan sendiri latihan-latihannya di luar jam praktek. Penderita juga akan belajar untuk menghilangkan gejala-gejala fisik dari kegagapan, seperti mata berkedip, dan bagaimana menghadapi masalah emosi yang mungkin timbul dikarenakan kegagapan tersebut.

  • Pengobatan tidak langsung

Metode ini berfokus pada penciptaan lingkungan yang nyaman dan santai, sehingga dapat meningkatkan cara berbicara penderita dengan alami. Ahli patologi disini akan mengevaluasi dan memonitor kemajuannya.

3.   Obat dokter

Obat dokter terkadang digunakan sebagai bagian dari pengobatan untuk kondisi seperti depresi atau kecemasan yang dapat memperburuk kegagapan. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Atasi kegagapan sejak dini, dukunglah anak Anda ataupun orang terdekat Anda yang mengalami kegagapan untuk dapat mengatasi masalahnya.

Bantulah dengan selalu mendengarkan apa yang dikatakan mereka, selalu melakukan eye-contact dengan mereka saat berbicara, dan berusalah agar tidak menyelesaikan kata-kata yang ingin diucapkan mereka. Segera konsultasikan ke dokter setempat jika kegagapan bertambah buruk dan tidak juga sembuh.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

pepek anak SD, cara membuat handbody racikan makassar, cara melebatkan bulu kemaluan, DAUN wisa, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri