Ramuan Tradisional Untuk Mengobati Kaki Terkilir

Ramuan Tradisional Untuk Mengobati Kaki TerkilirTerkilir atau keseleo dalam bahasa kedokteran dikenal juga dengan nama cedera muskuloskeletal (sprain) atau trauma.


Trauma dalam pembahasan ini bukan hanya seperti yang ada dalam pikiran seperti masyarakat awam yang mengenal istilah trauma, tetapi juga dapat diakibatkan oleh benturan, zat kimia, api, ataupun yang lainnya.

Seperti halnya memar yang merupakan bentuk trauma akibat sentuhan benda tumpul, luka sayat yang merupakan trauma karena benda tajam.

Biasanya, terkilir ini terjadi pada keadaan saat seseorang terjatuh dengan bertumpu pada tangan, dan mendarat dengan bagian luar dari kaki, atau mendatar keras di tanah sehingga menyebabkan lutut terpelintir.

Gejala Terkilir

Gejala yang bisa dirasakan apabila seseorang telah mengalami sprain adalah rasa nyeri, bengkak, memar dan hilangnya kemampuan untuk menggerakkan sendi.

Walaupun seperti itu, gejala dan tanda-tanda tersebut bisa sangat bervariasi dalam hal beratnya, tergantung dari seberapa parahnya sprain atau terkilir yang terjadi. Terkadang orang yang mengalami terkilir ini merasa ada yang robek pada saat cedera terjadi.

Pencegahan Terkilir

Untuk memastikan terkilir atau keseleo ini tdak akan terulang lagi, maka dari itu Anda harus melakukan pencegahan agar Anda tidak mudah untuk terkilir.

Berikut ini adalah cara yang dapat membantu Anda untuk mengurangi resiko terkilir atau keseleo:

  • melakukan pemanasan sebelum melakukan latihan atau aktivitas berat
  • mengenakan pelindung atau pembalut sendi elastis pada saat melakukan aktivitas fisik yang kuat
  • melakukan senam peregangan secara teratur untuk menjaga kekuatan dan kelenturan otot-otot dan juga sendi
  • menggunakan sepatu yang pas dan juga menggaanti sepatu olahraga yang solnya sudah haus terpakai sehingga tidak rata
  • mengindari olahraga atau beraktivitas ketika lelah atau sedang sakit
  • Selalu memilih untuk berjalan pada permukaan yang rata

Mengobati Terkilir dengan Ramuan Tradisional

Apabila Anda mengalami cedera pada jaringan otot lunak seperti keseleo atau terkilir, ada beberapa cara untuk melakukan pengobatan awal yang sangat efektif yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah sebelum berobat ke dokter ataupun tukang pijat.

Ada berbagai macam cara untuk mengobati kaki terkilir, salah satunya adalah dengan menggunakan ramuan tradisional. Untuk mengobati terkilir dengan menggunakan ramuan tradisional ini ada beberapa ramuan tradisional yang bisa kita gunakan, antara lain:

Resep Pertama

Resep yang pertama adalah dengan menggunakan tanaman Lidah buaya yang digunakan adalah dagingnya, Daun pare, Daun Sirih, Daun asam dan Daun cabe.

Untuk cara membuat ramuan tersebut Anda hanya perlu mencampurkan semua bahan tersebut menjadi satu lalu dihaluskan, kemudaian setelah halus langsung Anda tempelkan ramuan tersebut pada tempat yang bengkak dan diamkan sekitar 2 jam, lalu bersihkan dengan kain lap yang sudah direndam air hangat.

Resep Kedua

Ramuan yang kedua adalah dengan menggunakan batang tanaman sereh, buah pala, lada hitam yang bulat, gula aren merah, jahe merah dan sedikit minyak sayur.

Untuk cara membuat ramuan tersebut Anda hanya perlu mencampurkan semua bahan menjadi satu dengan perbandingan 1 : 1 yang kemudian dihaluskan, setelah dihaluskan langsung bisa Anda tempelkan ramuan tersebut di tempat yang terkilir atau bengkak tersebut lalu diamkan selama semalaman.

Resep Ketiga

Resep yang ketiga adalah dengan menggunakan bahan yang mudah didapatkan seperti Asam dapur, garam halus dan minyak kelapa. Untuk membuat ramuan tersebut Anda hanya perlu mengambil asam dapur, lalu memberikan sedikit garam halus kemudian masukan minyak kelapa secukupnya. Kemudian aduk dan remas hingga rata dan sema menjadi tercampur secara merata, kemdian gosokkan raman tersebut secara perlahan pada tubuh yang mengalami terkilir.

####

Demikianlah beberapa cara untuk mengobati kaki atau bagian tubuh lain yang terkilir dengan menggunakan ramuan tradisional. Semoga bermanfaat.