Olahraga Yang Baik Untuk Penderita Diabetes

Setiap orang menginginkan tubuhnya selalu sehat, jauh dari namanya penyakit. Sakit apapun itu orang tidak menginginkannya dan selalu menghindarinya dengan berbagai upaya agar terhindar yang namanya penyakit, walau tanpa kita sadari kita seringkali melakukan hal-hal yang membuat tubuh kita menjadi sakit atau berpenyakit seperti misalnya pola hidup kurang sehat dengan kurangnya bergerak atau konsumsi makanan yang mengandung kolesterol. Pola hidup kurang sehat sering menjadi awal dari penyakit yang menghampiri kita dan pola hidup ini kerap kali tidak kita sadari atau bahkan di remehkan.

Jangan lupakan kesehatan dan jangan abaikan perawatan tubuh Anda sebab sakit itu bukan sesuatu yang menyenangkan. Kesehatan adalah sebuah anugerah bagi manusia. Dengan kondisi sehat, akan mudah untuk melakukan banyak hal. Beraktivitas untuk diri sendiri bahkan untuk lingkungan. Namun apabila penyakit sudah hinggap pada tubuh dan bersifat menahun, tentu aktivitas akan menjadi sedikit terbatasi. Atau bahkan akan banyak mengurangi aktivitas.

Olahraga Berjalan Baik Untuk Penderita Diabetes

Penyakit yang paling populer di kalangan masyarakat yang disebabkan oleh makanan adalah Diabetes. Penyakit ini bahkan bisa menjadi penyakit turun temurun dan akan sukar dikendalikan jika pola makan kurang sehat terus dilakukan. Pola makan dengan makanan yang mengandung kadar kolesterol tinggi. Ya, diabetes adalah penyakit yang diakibatkan peningkatan kadar gula dalam darah karena hormone insulin tidak ada atau ada namun tidak mampu merubah glukosa dalam darah ke dalam sel. Sehingga terjadi penumpukan glukosa dalam darah. Tanda-tanda yang sering ditemui adalah keinginan untuk minum secara terus menerus, susutnya berat badan, dan frekuensi buang air kecil yang lebih sering.

Selain juga makanan yang harus dijaga oleh penderita diabetes, salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi insulin maka disarankan untuk olahraga. Seperti yang kita ketahui olahraga menjadi salah satu bagian pola hidup sehat yang harus dilakukan secara konsisten. Maka, olahragapun menjadi salah satu cara terapi kesehatan penderita diabetes. Namun, olahraga yang ideal untuk penderita diabetes seperti apa? Hal yang perlu diperhatikan adalah untuk memakai sepatu yang nyaman. Hal ini untuk melindungi kaki agar tidak terkena benda tajam yang bisa mengakibatkan luka. Kadar glukosa darah yang tinggi pada penderita diabetes akan membuat berkumpulnya virus dan bakteri dan mengakibatkan luka susah untuk disembuhkan. Bahkan amputasi kerap menjadi pilihan untuk kasus seperti ini.

Jenis olahraga yang ideal untuk penderita diabetes adalah :

  •     Senam aerobik.
  •     Berjalan.
  •     Berenang.
  •     Bersepeda.

Tentu saja akan lebih baik apabila dilakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter, karena kondisi masing-masing penderita diabetes tidak sama.

Aerobik memberi manfaat dalam pernapasan dan kinerja jantung pun ikut dipacu. Pelaksanaan olahraga dilakukan secara bertahap, jangan langsung dalam waktu yang lama dan menguras energy. Awali dengan sepuluh hingga dua puluh menit terlebih dahulu, 2 hingga 3 kali seminggu. Intensitas ditingkatkan perlahan-lahan. Disamping itu senam diabetes akan memberi manfaat lebih karena tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat.

Olahraga akan meningkatkan metabolisme sel untuk menyerap dan menyimpan glukosa darah. Sehingga tidak terjadi penumpukan dalam darah. Sirkulasi darah pun akan lancar disamping itu olahraga akan mengurangi stress yang merupakan pemicu kenaikan glukosa darah. Pengecekan gula darah secara berkala dan merasakan efektivitas dari olahraga yang dipilih perlu dilakukan agar dapat merasakan olahraga mana yang ideal untuk penderita diabetes. Nah, tunggu apalagi, segeralah berolahraga!

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

url:avatars mds yandex net/get-images-cbir/12846303/uIW2bgo5cItDpX8diqZpww6850/orig, pepek anak SD, cara membuat handbody racikan makassar, cara melebatkan bulu kemaluan, DAUN wisa, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat