Kulit Wajah Rusak Karena Kesalahan Menggunakan Kosmetik

Kosmetik secara terminology memiliki pengertian yakni bahan atau material yang dimanfaatkan pada bagian luar tubuh manusia seperti bagian epidermis, rambut, kuku, bibir dan organ genital bagian luar manusia. Dalam perkembangannya, kosmetik juga seringkali dimanfaatkan untuk perawatan gigi dan mukosa mulut terutama untuk membersihkan, mewangikan, mengubah penampilan atau memperbaiki bau badan atau melindungi serta memelihara tubuh sehingga tetap berada pada kondisi yang baik. Kosmetik cenderung digunakan oleh kaum wanita meski tak sedikit kaum pria yang menggunakan kosmetik guna merawat kesehatan tubuh dan kulit mereka.

Kosmetik lazimnya untuk mempercantik dan menyempurnakan penampilan kita. Saat ini begitu banyak jenis kosmetik yang dapat kita jumpai mulai dari kosmetik perawatan tubuh, make up, bahkan kosmetik yang dapat mengubah warna kulit. Tapi apa jadinya kalau kosmetik yang kita pakai ternyata malah menimbulkan masalah pada kulit wajah kita. Ternyata rusaknya kulit wajah bisa diakibatkan kesalahan kosmetik.

Kulit Wajah Rusak Karena Kesalahan Menggunakan Kosmetik

Kesalahan kosmetik biasanya terjadi karena beberapa hal, salah satunya kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit. Jenis kulit tertentu memiliki kesensitifan. Misalnya saja kulit wajah berminyak. Kulit wajah berminyak sangat sensitif terhadap pelembap. Pelembap yang tidak sesuai dapat menimbulkan komedo pada wajah dan komedo ini dapat memicu timbulnya jerawat. Selain itu, kulit wajah juga bisa nampak kusam bila foundation yang Anda pilih tidak cocok dengan kulit wajah Anda. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli dan menggunakan salah satu produk kosmetik sebaiknya Anda mengenali dahulu jenis kulit Anda sehingga kosmetik yang Anda gunakan tidak akan berdampak buruk bagi kulit wajah Anda. Kosmetik yang mahal dan bermerk terkenal belum tentu cocok digunakan oleh Anda, bila kondisi kulit wajah Anda tidak cocok dengan kosmetik tersebut hendaknya Anda mengganti dengan kosmetik yang cocok dengan kulit wajah Anda.

Rusaknya kulit wajah akibat kesalahan kosmetik juga bisa terjadi bila kosmetik yang digunakan sudah kedaluwarsa. Tiap jenis kosmetik memiliki masa berlaku, misal lipstick memiliki masa berlaku selama satu tahun. Bila kosmetik kedaluwarsa tetap digunakan akan menimbulkan iritasi pada kulit wajah, seperti gatal-gatal, bintik merah, atau jerawat. Tidak sedikit orang yang tadinya ingin tampil cantik denga kosmetik malah mengeluarkan biaya jauh lebih besar untuk pengobatan kulit wajah akibat salah memakai kosmetik.

Jangan salah Dalam Menggunakan Kosmetik

Dampak yang paling serius dari penggunaan kosmetik salah pada kulit wajah biasanya didapatkan dari kandungan berbahaya pada kosmetik. Logam, merkuri, dan hydroquinone merupakan bahan kimia yang masih sering ditemukan di kosmetik. Akan tetapi bahan-bahan tadi berbahaya bagi tubuh dan kulit. Penggunaan logam pada kosmetik tidak hanya merusak wajah, tapi juga bisa menyebabkan seseorang mengalami depresi, kehilangan memori, sakit kepala, vertigo, dan pada kosmetik untuk rambut akan menyebabkan rambut rontok.

Merkuri pada produk kosmetik dapat memicu terjadinya kanker kulit, begitu juga hydroquinone. Kadar hydroquinone yang diperbolehkan pada produk kosmetik adalah sebesar 10%. Bila lebih dari itu bisa menyebabkan gangguan pada kulit wajah seperti jerawat, hiperpegmentasi, bahkan kanker kulit.

Untuk mencegah rusaknya kulit wajah akibat kesalahan kosmetik, Anda harus cermat dalam melihat kandungan kosmetik Anda dan juga kosmetik yang tepat untuk jenis kulit Anda. Selain itu, perhatikan penyimpanan dan lama penyimpanan kosmetik. Jangan gunakan kosmetik kedaluwarsa Anda seberapapun mahalnya.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

cara melebatkan bulu kemaluan, pepek anak SD, DAUN wisa, cara membuat handbody racikan makassar, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri