Langkah Untuk Mencegah Kanker Lambung

Langkah Untuk Mencegah Kanker LambungMEDIKALOGI.COM – Kanker lambung atau dikenal sebagai gastric cancer merupakan kanker yang berawal pada bagian lambung atau pada saluran pencernaan dan sangatlah berbahaya.


Secara global, kanker lambung merupakan penyebab kematian akibat kanker urutan ke-2 bagi pria maupun wanita. Kanker ini umum ditemukan di wilayah Asia Timur.

Sejauh ini, penderita kanker lambung di Indonesia kebanyakan berusia di atas 45 tahun dan sering terjadi pada laki-laki.

Seperti jenis kanker lainnya, penyebab kanker lambung belum diketahui secara pasti tetapi selalu berhubungan dengan tukak lambung, peradangan pada lambung yang disertai penyusutan lambung atau faktor genetik.

Penelitian menemukan bahwa penyebab kejadian kanker lambung kebanyakan berkaitan dengan kebiasaan makan.Ooleh karena itu, memahami langkah-langkah pencegahan kanker lambung sangatlah penting.

Langkah pencegahan kanker lambung

Meskipun etiologi kanker lambung belum sepenuhnya diketahui, namun hasil penelitian menunjukan faktor lingkungan, kebiasaan makan, lesi pre-kanker, dan faktor genetik bisa menjadi faktor-faktor penyebab kanker ini

1.   Kurangi makan makanan yang pickled atau acar

Makanan pickled mengandung jumlah nitrit dan amina sekunder yang tinggi. Ini dapat mengganggu tingkat aciditas di dalam lambung. Jadi kurangi makan-makanan pickled, perbanyak makan makanan yang fresh.

2.   Kurangi makan makanan yang di bakar dan di goreng

Makanan yang dibakar, apalagi hangus mengandung zat karsinogenik, seperti benzopyrene. Goreng-gorengan yang menggunakan minyak bekas dapat sangat berbahaya karena adanya kandungan zat karsinogenik. Kurangi konsumsi makanan bakar-bakar dan goreng-gorengan.

3.   Jangan makan makanan yang sudah basi

Makanan yang sudah basi atau yang sudah jamuran mengandung zat karsinogenik yang tinggi. Karena adaya toxigenic fungi, yang memproduksi nitrit dan amino sekunder. Ini dapat menyebabkan gangguan pada fungsi lambung.

4.   Jangan merokok atau minum terlalu banyak alkohol

Rokok mengandung benzopyrene, polycyclic aromatic hydrocarbon dan zat-zat karsinogen lainnya. Ini dapat menyebabkan kanker oral, esofagus dan lambung. Alkohol sendiri bukan karsinogen, tetapi spirits dapat merangsang cedera pada jaringan mukosa lambung.

Jika seseorang merokok dan sering menkonsumsi alkohol, ini sangat berbahaya. Karena rokok mengandung banyak karsinogenik dan alkohol dapat meningkatkan permeabilitas sel membran, sehingga meningkatkan penyerapan karsinogen ke dalam sistem tubuh.

5.   Kembangkan kebiasaan makan yang baik

Kebiasaan makan yang tidak reguler (termasuk, makan berlebihan, terlalu cepat, terlalu panas, dan lain-lain) dapat menyebabkan cedera pada lambung, yang nantinya dapat menyebabkan terjadinya kanker lambung. Juga, konsumsi garam terlalu banyak juga dapat merangsang terjadinya kanker lambung.

6.   Makan lebih banyak sayur dan buah-buahan segar

Makan makanan yang mengandung banyak vitamin A, B, dan E, untuk memperkuat asupan protein di lambung, supaya dapat melindungi jaringan mukosa di lambung.

7.   Pengobatan pencegahan

Bila anda menderita penyakit gastritis atrofik atau polip adenomatosa, anemia pernisiosa sebaiknya Anda monitor yang lebih dekat kondisi Anda, karena penyakit-penyakit di atas dapat menjadi salah satu penyebab kanker lambung.