Pengobatan Medis Leukemia Akut

Pengobatan Medis yang Lebih Akurat Untuk Penyakit Leukemia AkutSeperti yang kita ketahui bahwa penyakit leukemia atau biasa disebut kanker darah, merupakan salah satu penyakit ganas dari sistem hematopoietik yang dapat terjadi pada segala jenis usia.

Salah satu penyakit leukemia yang sangat berbahaya bagi kesehatan dan mengancam nyawa manusia adalah leukemia akut karena perkembangannya sangat cepat dan berisiko besar.

Namun saat ini kemajuan di dunia kedokteran medis, penyakit leukemia akut telah mendapatkan respon yang positif untuk pengobatan yang lebih maksimal dan hasilnya juga menunjukkan kesembuhan yang sangat baik bagi penderitanya.

Penanganan gejala leukemia bukan lagi tujuan utama pengobatan, melainkan bagaimana meningkatkan kualitas hidup pasien dan bagai mana cara untuk memperpanjang hidup si pasien. Saat ini, pengobatan leukemia antara lain sebagai berikut :

Transplantasi Tulang Sumsum

Transplantasi tulang sumsum dengan kemoterapi dosis tinggi dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta membersihkan sel-sel tumor dan sel sel abnormal dari pasien leukemia. Lalu dari sel-sel hematopoietic dari tubuh sendiri maupun tubuh orang lain di transplantasi kepada pasien leukemia. Pasien leukemia kembali memiliki system hematopoietik yang normal dan pemulihan fungsi kekebalan tubuh, sehingga tercapai tujuan terapeutiknya. Transplantasi sumsum tulang leukemia adalah pengobatan yang paling efektif, sekitar 50 persen dari pasien leukemia yang telah menjalani transplantasi sumsum tulang, kelangsungan hidupnya dapat berlangsung jangka panjang.

Kemoterapi

Kemoterapi adalah pengobatan yang cocok bagi pasien leukemia stadium lanjut/akhir. Pengobatan dengan kemoterapi sangat bermanfaat untuk menghapus sel kanker dalam darah dan membangun kembali sumsum tulang untuk mengembalikan fungsi system hematopoietik normal.

Jenis pengobatan ilmu kimia dibagi menjadi :

  • Kemoterapi awal.
  • Kemoterapi lanjutan.
  • Kemoterapi konsolidasi (sebagai pengobatan intensif dalam 4 fase).

Kemoterapi leukemia dapat secara efektif mengurangi gejala dan memperpanjang kelangsungan hidup, kemoterapi juga merupakan langkah yang diperlukan sebelum transplantasi sumsum tulang.

Metode Pengobatan Gabungan

Mengingat efek samping dari kemoterapi, yang mengandung racun dan berdampak buruk bagi tubuh pasiennya, maka pada leukemia stadium lanjut, metode pengobatan gabungan sangat membantu kondisi tubuh yang lemah yang menjadikan tubuh pasien mudah mentolerir efek kemoterapi. pengobatan-pengobatan alternatif seperti pengobatan cina sangatlah bermanfaat untuk pengobatan konservatif, secara langsung memiliki peranan yang baik dalam meningkatkan kualitas hidup dan memperpanjang kelangsungan hidup pasien leukemia.

Immunoterapi

Penelitian serta perkembangan dari immunoterapi pada tahun-tahun terakhir ini mengalami banyak kemajuan. Proses immunisasi yang merupakan DC-CIK dapat mengimunisasikan diri pasien dengan sel-selnya sendiri, meningkatkan daya tahan tubuh, memberantas sel-sel kanker dalam darah, mengendalikan pertumbuhan dari sel sel kanker, menghambat kekambuhan atau bahkan penyebaran.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

pepek anak SD, cara membuat handbody racikan makassar, cara melebatkan bulu kemaluan, DAUN wisa, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri