Cara Mengobati Sakit Kepala Tanpa Obat

Cara Mengobati Sakit Kepala Tanpa ObatSakit kepala adalah gangguan kesehatan yang sangat umum kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.


Mengatasi sakit kepala memang gampang-gampang susah. Kadang hanya dengan berisitirahat sebentar saja, sakit kepala sudah bisa hilang. Tetapi pada sejumlah orang tertentu, sakit kepala malah tidak bisa sembuh hanya dengan beristirahat saja.

Sakit kepala rasanya memang sangat tidak mengenakan. Untuk mengatasinya, umumnya orang meminum obat sakit kepala.

Hanya saja, tidak semua orang mau langsung minum obat, karena memandang obat kimia memiliki efek samping yang belum kita ketahui.

Meminum obat bukanlah cara satu-satunya untuk menghilangkan sakit kepala anda. Jika anda tidak suka mengkosumsi obat-obatan atau tidak mau minum obat dokter, maka ada sejumlah tips dan cara mengobati sakit kepala tanpa menggunakan obat. Apa saja itu?

Nah, berikut ini adalah beberapa tips untuk mengobati sakit kepala tanpa menggunakan obat-obatan kimia, antara lain:

Tidur

Kelebihan tidur, tidur yang salah, dan kurangnya tidur pun salah, hal tersebut dapat menyebabkan sakit kepala yang berkepanjangan. Tubuh manusia bukalah seperti robot yang bisa disetting sehingga bisa beraktivitas selama 24 jam nonstop.

Ada seharusnya menyempatkan diri untuk tidur yang cukup sekitar 7 hingga 8 jam dalam sehari. Dengan anda bisa menerapkan untk membiasakan tidur dengan kapasitar yang normal tersebut, maka tubuh anda pun akan lebih terlihat segar di pagi harinya dan bisa menghilangkan sakit kepala anda.

Minum Air Putih

Menkonsumsi air putih merupakan satu komponen asupan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, karena selain dapat menghilangkan rasa haus, dengan anda meminum air putih 8 hingga 10 gelas dalam sehari secara rutin maka hal itu akan membuat berbagai sistem yang terdapat dalam tubuh manusia bisa bekerja secara optimal.

Sakit kepala ini disinyalir sebagai salah satu indicator rasa haus atau kehausan pada tubuh, dengan anda meminum air putih pastinya anda dapat membuat diri anda menjadi lebih baik. Maka dari itu anda harus membiasakan diri untuk menkonsumsi air dengan cukup guna untuk menjaga kestabilan tubuh dan bisa terhindar dari sakit kepala.

Es Batu

Memanfaatkan sekantong es batu akan membuat mati rasa daerah yang terdapat sakit dan dapat mengurangi sakit kepala, jika anda meraskan rasa sakit atau nyeri akibat suatu ketegangan atau stress, anda hanya tinggal mengambil icepack lalu diletakkan di kepala atau bahu atau leher bagian belakang.

Pijat

Saat anda merasa sakit kepala, berikanlah pijat lembut selama 15 menit di lokasi sakit kepala anda, pijatlah pada daerah penghilang rasa sakit yang dilakukan dengan cara memijat bagian telapak tangan yang berada diantara jempol dan jari telunjuk. Lakukanlah pemijatan hingga diri anda merasakan sakit karena pemijatan ini.

Biofeedback

Biofeedback ini adalah salah satu metode yang menggunakan sensor elektronik untuk memonitor fungsi tubuh seperti masalah ketegangan oto, suhu kulit, detak jantung dan juga tekanan darah. Keterangan suatu kondisi pasien ini biasanya akan terlihat melalui suara atau gambar pada komputer.

Sebuah penelitian menunjukan bahwa biofeedback sangat efektif untuk mengatasi migraine dan kegetangan pada kepala, dan sebuah analisis terbaru yang sudah dipublikasikan dalam jurnal Headache menunjukan bahwa terapi perilaku seperti biofeedback ini lebih hemat biaya dibandingankan dengan pemberian resep dokter.

Peregangan

Lakukanlah peregangan untuk mengurangi otot-otot tegang yang memberikan konstribusi terhadap nyeri dan cobalah tiga gerakan ini seperti, gerakan leher dagu ke depan, ke atas, ke samping kiri dan kanan, lalu gerakan bahu seperti gerakan bahu ke atas, lalu putar bahu ke depan dan kebelakang ataupun peregangan yang lainnya.

Lakukan peregangan ini dua kali sehari sekitar 20 menit persesinya dan tahan peregangan selama lima detik, releks selama lima detik dan ulangi setiap peregangan hingga 3 atau 5 kali.

####

Nah itulah beberapa tips dan cara mengobati sakit kepala yang bisa anda lakukan tanpa harus menggunakan obat-obatan. Semoga bermanfaat.