5 Penyebab Penyakit Sinusitis

Sinusitis merupakan salah satu penyakit atau kelainan pada sinus paranasal yang akhir-akhir ini semakin meningkat angka kejadiannya. Dampak yang di timbulkan oleh penyakit ini bervariasi, mulai dari yang ringan sampai dengan yang berat. Betapapun ringannya dampak yang di timbulkan, penyakit ini selalu menyebabkan penurunan kualitas hidup penderitanya. Sehingga akan terjadi pula kerugian, baik yang dapat ternilai maupun yang tidak dapat ternilai harganya.

Sinusitis merupakan penyakit radang yang terjadi pada rongga sinus mengakibatkan reaksi hidung tersumbat, sakit kepala dan keluhan lainnya.

Penyebab Penyakit Sinusitis

Aneka penyebab sinusitis adalah sebagai berikut :

1.   Adanya infeksi.

Infeksi dapat ditimbulkan oleh virus atau bakteri. Infeksi ini akan memicu terjadinya radang. Peradangan yang timbul dapat di seputar rongga hidung maupun tenggorok. Peradangan juga dapat terjadi pada organ-organ di daerah sekitar rongga hidung dan tenggorok seperti amandel atau tonsil dan kelenjar adenoid. Peradangan tersebut menimbulkan sakit dan nyeri khas di area antara rongga hidung dan tenggorok.

2.   Rongga hidung mengalami sumbatan.

Sumbatan yang terjadi pada rongga hidung dapat disebabkan oleh penyakit maupun kelainan struktur anatomis hidung. Penyakit yang dapat menimbulkan terjadinya sinusitis antara lain adalah tumor, polip. Tumor atau polip. Tumor dan polip di rongga hidung mampu menimbukan sumbatan yang selanjutnya menjadi sinusitis. Bentuk anatomis tulang hidung yang bengkok juga dapat menyumbat aliran udara maupun mukus sehingga memicu terjadinya sinusitis.

3.   Alergi.

Alergi dapat berupa senyawa alergen seperti makanan, zat kimia maupun udara ekstrim, baik dingin maupun panas. Pada kondisi terkena alergi, respon tubuh adalah mengalami radang dan pembengkakan. Jika pembengkakan terjadi di wilayah sinus, maka terjadilah sumbatan rongga sinus menimbulkan sinusitis.

4.   Trauma pada fisik.

Trauma fisik seperti stress, kemasukan air, dapat menyebabkan pendarahan berujung sinusitis.

5.   Infeksi berat pada gigi.

Infeksi yang timbul pada gigi geraham atas kanan maupun kiri, terutama geraham 1, 2 dan 3 dapat menjalar sampai ke dalam rongga sinus maksilaris dan mengakibatkan sinusitis.

Aneka penyebab sinusitis akut terutama adalah infeksi virus dan bakteri. Infeksi virus antara lain adalah virus influenza dan virus ISPA lainnya. Adapun bakteri yang memicu sinusitis akut adalah haemophilus influenzae dan streptococcus pneumoniae. Jamur aspergillus juga di kenal menjadi penyebab sinusitis akut.

Pada penderita sinusitis kronis, penyebab utamanya adalah rhinitis alergika, yaitu suatu gangguan kekebalan dan kelainan sekresi lendir.

Demikian aneka penyebab sinusitis, semoga bermanfaat.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

pepek anak SD, cara membuat handbody racikan makassar, cara melebatkan bulu kemaluan, DAUN wisa, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri