Pengertian Bedah Urologi

Pengertian Bedah Urologi Bedah urologi adalah cabang ilmu bedak kedokteran dengan tujuan untuk mengatasi gangguan kesehatan pada saluran kemih dan genital manusia dengan tindakan operasi. Tindakan operasi pada bedah urologi dimulai dari yang tidak invasif sampai kepada tindakan sangat invasif.

Urologi adalah bedah khusus yang berfokus pada saluran kemih laki-laki dan perempuan, dan pada sistem reproduksi laki-laki. Profesional medis yang mengkhususkan diri di bidang urologi disebut urolog dan dilatih untuk mendiagnosa, mengobati, dan mengelola pasien dengan gangguan urologis.

Organ ditutupi oleh urologi termasuk ginjal, ureter, kandung kemih, uretra, dan organ-organ reproduksi pria (testis, epididimis, vas deferens, vesikula seminalis, prostat dan penis). Baik urologist dan Ahli Bedah Umum beroperasi pada kelenjar adrenal.

Urologi adalah terkait erat dengan, dan dalam beberapa kasus tumpang tindih dengan, bidang onkologi medis, nefrologi, ginekologi, andrologi, bedah anak, gastroenterologi, dan endokrinologi. Pada pria, sistem saluran kencing tumpang tindih dengan sistem reproduksi, dan pada perempuan saluran kemih membuka ke vulva. Dalam kedua jenis kelamin, saluran kemih dan reproduksi berdekatan, dan gangguan dari satu sering mempengaruhi yang lain.

Urologi mengkombinasikan manajemen medis (non-bedah) masalah seperti infeksi saluran kencing dan hiperplasia prostat jinak, serta masalah bedah seperti manajemen operasi kanker, koreksi kelainan bawaan, dan inkontinensia stres mengoreksi.

Endourology adalah cabang urologi yang berhubungan dengan prosedur bedah minimal invasif. Sebagai lawan untuk membuka operasi, endourologi dilakukan menggunakan kamera kecil dan instrumen dimasukkan ke dalam saluran kemih. Secara tradisional, operasi transurethral telah menjadi landasan endourologi. Melalui urethra, saluran kemih lengkap dapat tercapai, yang memungkinkan operasi prostat, operasi tumor dari urothelium, operasi batu, dan prosedur uretra dan saluran kemih sederhana.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

url:avatars mds yandex net/get-images-cbir/12846303/uIW2bgo5cItDpX8diqZpww6850/orig, pepek anak SD, cara membuat handbody racikan makassar, cara melebatkan bulu kemaluan, DAUN wisa, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat