Jenis-Jenis Penyakit Batuk

Batuk merupakan penyakit yang sering kita jumpai pada orang-orang di sekeliling kita atau kita sendiri yang menderita batuk. Karena sering terjadi dan biasanya tidak berakibat buruk, maka batuk sering diabaikan atau dianggap tidak berbahaya. Batuk bukanlah penyakit, tetapi merupakan petunjuk bahwa ada yang tidak beres pada tubuh kita baik karena penyebab yang ringan sampai merupakan gejala dari penyakit yang berat yang dapat mematikan. Walaupun jenis batuk kelihatannya hampir sama, tetapi penyebabnya dapat berbeda.

Jangan menganggap enteng batuk karena ada beberapa Jenis-Jenis Penyakit Batuk yang dapat mengganggu aktifitas anda bahkan untuk jangka waktu yang sangat lama. Mengenal berbagai jenis Penyakit ini akan sangat bermanfaat untuk anda karena dengan demikian anda dapat mengetahui cara mengatasinya dengan efektif.

Jangan Anggap Remeh Bila Anda Mengalami Penyakit Batuk

Jenis-Jenis Penyakit Batuk Secara Umum.

Secara umum, kita dapat mengelompokkan penyakit batuk menjadi 2, yaitu batuk produktif dan batuk tidak produktif. Pengelompokan ini didasarkan pada ada dan tidaknya dahak yang diproduksi oleh si penderita.

  • Batuk Produktif.

Masyarakat luas pada umumnya Mengenal Penyakit ini dengan sebutan batuk berdahak. Batuk berdahak adalah batuk yang disertai dengan dihasilkannya dahak. Batuk berdahak sangat mengganggu karena terasa gatal dan dahak akan keluar seiring dengan batuk. Hal ini membuat orang yang sedang mengalaminya harus bolak-balik membuang dahak setiap kali batuk. Hal ini tentu saja merepotkan terutama bagi mereka yang harus tetap beraktivitas saat batuk sedang menyerang.

Untuk mengatasi batuk berdahak, pilihlah obat batuk khusus untuk batuk berdahak. Perawatan di rumah juga dapat dilakukan dengan cara menghirup uap panas atau dengan banyak minum air putih hangat.

  • Batuk Tidak Produktif.

Batuk tidak produktif, atau batuk tidak berdahak atau disebut juga batuk kering, adalah jenis batuk yang tidak disertai produksi dahak yang berlebihan. Gatal di tenggorokan biasanya dialami oleh si penderita dan sangat mengganggu aktivitas. Untuk mengatasinya, minum obat batuk khusus untuk batuk kering, dan minum banyak air putih.

Jenis-Jenis Penyakit Batuk Lainnya.

Batuk ada juga yang dikelompokkan berdasarkan berapa lama batuk tersebut bertahan yaitu:

  • Batuk Akut.

Batuk akut merupakan jenis batuk yang berlangsung kurang dari 2 minggu. Batuk jenis ini biasanya disebabkan oleh masuk angin, influenza, atau infeksi sinus.

  • Batuk Kronik.

Batuk kronik merupakan jenis batuk yang bertahan selama lebih dari 2 minggu, bahkan ada juga yang menahun. Jenis batuk ini juga terjadi secara berulang. Penyebab batuk kronik antara lain adalah asma, TB, dan batuk rejan. Batuk rejan dapat dicegah sejak dini dengan cara memberikan imunisasi DPT. Cara mengatasinya adalah dengan segera menghubungi dokter agar tidak menjadi terlalu parah.

Dengan mengetahui jenis-jenisnya, maka saat Anda terserang batuk ada dapat mencari dan memberikan pengobatan yang tepat sesuai dengan jenis-jenis penyakit batuk yang Anda derita.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

pepek anak SD, cara membuat handbody racikan makassar, cara melebatkan bulu kemaluan, DAUN wisa, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri