Batuk Bukan Merupakan Penyakit

Penyakit batuk sangat mudah kita jumpai karena faktanya bisa dikatakan bahwa hampir semua orang sering mengalami atau pernah mengalami batuk terutama saat musim pancaroba bahkan polusi udara, kebiasaan  dan aktifitas dimalam hari juga dapat menyebabkan batuk. Hal tersebut adalah contoh kecil yang lazim terjadi disekitar kita sebagai penyebab batuk maupun flu.

Bagi orang yang menderita batuk tentunya cukup mengganggu aktifitas, sehingga wajar bila kebanyakan orang menyebutkan bahwa batuk merupakan penyakit karena kehadirannya biasanya disertai kondisi fisik yang menurun atau kurang sehat. Dalam dunia medis pada dasarnya batuk bukanlah sebuah penyakit melainkan adalah suatu tanda atau gejala dari penyakit tertentu atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, dahak, riak, makanan, debu, asap, dan benda asing lainnya. .

Batuk Bukan Merupakan Penyakit

Pada dasarnya batuk bukanlah penyakit karena batuk merupakan bagian dari mekanisme pertahanan tubuh pada saluran pernapasan dan batuk ini adalah gerakan refleks untuk melindungi paru-paru. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu direseptor batuk (hidung, saluran pemapasan, bahkan telinga). Kemudian reseptor akan mengalirkan lewat syaraf ke pusat batuk yang berada di otak. Di sini akan memberi sinyal kepada otot-otot tubuh untuk mengeluarkan benda asing tadi, hingga terjadilah batuk.

Batuk bukan merupakan penyakit, melainkan gejala penyakit. Batuk merupakan refleks pertahanan tubuh untuk mengeluarkan dahak, riak, dan benda asing lainnya dari saluran pernafasan. Oleh karena itu, istilah untuk menghilangkan gejala batuk disebut simtomatik.

Batuk terdiri dari 2 macam :

  • Batuk kering.
  • Batuk berdahak.

Batuk Bukan Penyakit

Sedangkan untuk obatnya juga dapat dibagi menjadi 2  jenis :

1.   Anti-tusif : dekstrometorfan dan difenhidramin.

Anti-tusif berguna untuk mengobati batuk kering sedangkan ekspektoran untuk mengobati batuk berdahak.

2.   Ekspektoran : guaifenesin, gliseril guaikolat, ammonium klorida, bromheksin dan succus liquiritae.

Salah satu jenis batuk adalah batuk bronkittis. Batuk jenis ini terjadi karena peradangan pada saluran udara ke paru-paru. Brokitis dapat dibedakan dalam beberapa hal menurut penyebabnya. Bronkitis infeksiosa disebabkan virus dan bakteri. Bronkitis berulang terjadi pada para perokok dan penderita penyakit paru-paru. Bronkitis iritatif disebabkan oleh debu, asap, polusi udara, dan rokok.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

Cara membuat Handbody racikan Marina, cara membersihkan bekas plester, apakah air kelapa bisa mengobati tetanus, agar lem pulut tidak bau, pepek anak SD, cara membuat handbody racikan makassar, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder