Info Orang Cegukan

Loading...

Menurut Wikipedia, Cegukan adalah kontraksi tiba-tiba yang tak disengaja pada diafragma, dan umumnya terjadi berulang-ulang setiap menitnya. Udara yang tiba-tiba lewat ke dalam paru-paru menyebabkan glottis (ruang antara pita suara) menutup, serta menyebabkan terjadinya suara hik. Cegukan umumnya akan selesai dengan sendirinya, meskipun ada beberapa pengobatan rumah tangga (home remedy) untuk mempercepat cegukan, dan ada beberapa pengobatan yang dibutuhkan. Istilah medis untuk cegukan adalah singultus.

Cegukan seringkali berkembang dalam situasi tertentu, seperti makan terlalu cepat, minum air dingin sesaat setelah makan makanan panas, makan makanan yang sangat panas atau pedas, tertawa atau batuk terlalu keras, kelebihan minuman beralkohol, atau karena keseimbangan elektrolit. Cegukan dapat pula disebabkan karena tekanan saraf frenik oleh struktur anatomi yang lain, atau karena tumor dan penyakit ginjal lainnya, meski hal ini jarang terjadi. American Cancer Society melaporkan bahwa 30% pasien kemoterapi menderita cegukan sebagai efek samping perlakuan.

Info Orang Cegukan

Cegukan adalah kondisi umum yang mempengaruhi hampir semua orang. Cegukan melibatkan kontraksi tak sadar diafragma –otot yang memisahkan dada dari perut dan berperan penting dalam bernapas. Setiap kontraksi diikuti dengan penutupan tiba-tiba pita suara yang menghasilkan karakteristik suara “hik”. Cegukan kemungkinan diakibat dari makan, minuman beralkohol atau semangat tiba-tiba.

Serangan cegukan biasanya hanya berlangsung beberapa menit. Namun pada beberapa orang, sekitar satu di antara 100.000 orang, cegukan dapat bertahan selama berbulan-bulan. Hal ini dapat mengakibatkan kekurangan gizi dan kelelahan.

Info Cegukan

Gejala.

Suara cegukan, kadang-kadang didahului oleh sedikit sesak di dada, perut atau tenggorokan, adalah satu-satunya tanda dan gejala yang terkait dengan cegukan. Jumlah cegukan satu menit biasanya berkisar antara 4 hingga 60 kali.

Perawatan.

Sebagian besar kasus cegukan hilang sendiri, tanpa perawatan medis. Jika kondisi medis yang mendasari menyebabkan cegukan, pengobatan dapat menghilangkan cegukan. Perawatan berikut mungkin dapat dipertimbangkan untuk cegukan yang telah berlangsung lebih dari dua hari perlu pengobatan dan bedah.

Loading...