Cara Mengatasi Kejang Pada Otot Punggung

Cara Mengatasi Kejang Pada Otot PunggungMEDIKALOGI.COM – Apakah Anda tahu bahwa punggung kita bekerja 24 jam non-stop setiap harinya? Dalam keadaan kita tertidurpun, punggung tetap menjalankan fungsinya untuk senantiasa menjaga postur tubuh kita.


Mengingat punggung bekerja selama 24 jam, seringkali kita lupa memberinya perhatian. jadi, sangat wajar jika kita mengalami kejang otot punggung.

Kejang otot punggung adalah kontraksi otot punggung yang tiba-tiba, tak disadari, dan menimbulkan nyeri. Kram otot di daerah punggung bisa menimbulkan nyeri punggung (back pain) ringan maupun berat.

Back pain adalah nyeri di daerah punggung antara sudut bawah kosta (tulang rusuk) sampai lumbosakral (sekitar tulang ekor). Nyeri juga bisa menjalar ke daerah lain seperti punggung bagian atas dan pangkal paha

Atlet seringkali mengalami nyeri punggung yang parah karena otot-otot punggungnya tertarik. Nyeri otot punggung bisa menjalar ke area sekitar, sehingga semakin memperburuk kondisi.

Terdapat beberapa cara untuk mengatasi kejang otot punggung, diantaranya yaitu:

1.   Latihan

Latihan dan peregangan punggung akan cukup berguna bagi sebagian besar orang yang mengalami kejang otot punggung. Latihan merupakan pengobatan kejang otot punggung yang terbaik karena membantu meringankan otot-otot yang tegang. Berjalan kaki adalah salah satu bentuk latihan yang baik.

2.   Pijat

Pijat dengan minyak wijen, mustard oil, minyak zaitun, atau krim pijat, bermanfaat untuk mengatasi back pain. Pemijat terlatih dapat membantu meredakan nyeri dalam beberapa menit.

3.   Fisioterapi

Pada kasus back pain yang parah, dokter biasanya merekomendasikan untuk melakukan terapi fisik.

4.   Akupresur/Akupuntur

Terapi akupresur dan akupuntur sering direkomendasikan untuk mengatasi nyeri punggung konstan akibat kejang otot.

5.   Pakaian Hangat

Menutupi punggung dengan pakaian hangat membantu menghindari paparan udara dingin berlebihan. Hujan dan cuaca dingin dapat memperburuk nyeri punggung.

6.   Menurunkan Berat Badan

Solusi alami untuk mengatasi back pain adalah dengan diet penurunan berat badan secara teratur, mandi air hangat, dan istirahat yang cukup. Kelebihan berat badan menyebabkan tekanan berlebih pada tulang belakang sehingga bisa menimbulkan nyeri punggung yang parah.

7.   Sandaran

Perhatikan posisi atau sikap tubuh saat duduk di kursi kantor, kursi mobil, sofa, tempat tidur, kursi makan, dan lainnya. Bila punggung bagian atas atau bawah tidak mendapat sandaran yang diperlukan, ambil bantal kecil dan taruh di bagian yang memerlukan untuk menghindari nyeri punggung atas atau bawah.

8.   Kasur

Kasur yang memiliki permukaan tidak rata dapat meningkatkan nyeri punggung. Oleh karena itu gunakan kasur yang nyaman.

9.   Tidur Cukup

Kurang tidur dapat menyebabkan kejang dan nyeri pada otot punggung. Tidur cukup dan memperhatikan posisi saat tidur bisa membantu meredakan ketegangan otot punggung.

10.   Relaksasi

Stres merupakan salah satu faktor yang tidak dapat dihindari akibat gaya hidup moderen. Terdapat berbagai macam teknik relaksasi untuk membantu meringankan stres. Meditasi, mendengarkan musik, yoga, serta teknik relaksasi lainnya berperan penting dalam mengatasi kejang atau ketegangan otot punggung.

11.   Kompres Dingin

Kompres dingin bisa digunakan untuk mengurangi peradangan. Kompres dingin akan membuat daerah yang terkena menjadi mati rasa.

12.   Kompres Hangat

Kompres hangat digunakan untuk meningkatkan sirkulasi darah di daerah yang terasa nyeri sehingga membantu mengendurkan ketegangan otot.

13.   Traksi

Di bawah pengawasan dokter, bila nyeri punggung terjadi secara konstan Anda bisa menggunakan traksi. Perangkat ini membantu mengurangi beban pada tulang belakang.

14.   Back Braces

Back braces biasanya disarankan oleh dokter ketika kejang otot punggung menyebabkan cedera yang mengarah ke ketidakstabilan tulang belakang. Back braces yang lembut dapat melindungi otot dan mencegah kelelahan otot.

15.   Asupan Nutrisi

Proses penyembuhan alami tubuh tergantung pada asupan vitamin dan mineral melalui makanan. Sistem pertahanan tubuh dapat bekerja dengan baik bila asupan nutrisi yang penting terpenuhi. Asupan diet yang sehat dan seimbang akan membuat tubuh pulih lebih cepat.

16.   Obat

Obat-obatan pereda nyeri seperti Ibuprofen, Acetaminophen, atau Aspirin bisa diambil bila diperlukan.

17.   Sepatu

Sepatu yang ketat dapat menyebabkan kejang dan nyeri otot punggung. Kenakan sepatu yang pas namun tidak terlalu ketat untuk kenyamanan serta kesehatan punggung Anda.

18.   Posisi Tubuh

Berbagai profesi bisa menyebabkan kejang otot punggung karena posisi tubuh yang salah saat bekerja. Posisi yang tidak tepat saat bekerja di depan komputer meningkatkan kemungkinan mengalami nyeri punggung karena ketegangan otot. Pekerjaan atau profesi mungkin sulit berubah, tetapi Anda bisa lebih berhati-hati terhadap posisi atau sikap tubuh saat bekerja.