Diet Sehat Bagi Penderita Diabetes

Saran Dokter Untuk Penderita DiabetesMEDIKALOGI.COM – Diabetes bukan merupakan suatu penyakit baru lagi di dunia kedokteran dan di kalangan masyarakat umumpun penyakit diabetes ini di sering namakan penyakit kencing manis.


Penyakit diabetes adalah gangguan kesehatan yang erat kaitannya dengan kebiasaan konsumsi gula yang melebihi normal dan hormon insulin serta sel beta pankreas.

Masalah yang umumnya terjadi karena  disebabkan gula yang telah di konsumsi oleh tubuh tidak dapat diubah menjadi energi yang disebabkan kurangnya hormon insulin ataupun adanya masalah pada sel beta pankreas tempat hormon insulin ini di produksi. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan kontrol metabolik yang tepat agar dapat melakukan diet diabetes ini.

Sebenarnya sebelum melakukan jenis diet diabetes ini sangat dianjurkan untuk mengetahui kadar glukosa darah. kada glukosa darah ini dijadikan acuan pemberian komposisi diet diabetes dengan tepat. karena hasil yang diinginkan melalui diet diabetes ini adalah mampu mempertahankan kadar glukosa darah supaya mendekati normal dengan menjaga keseimbangan asupan makanan dengan kadar insulin, dan juga dengan obat penurun glukosa oral, serta aktifitas fisik. selain itu, diet diabetes ini juga untuk memberi kecukupan energi tubuh untuk mempertahankan atau mencapai berat badan normal.

Diet penderita diabetes

Diet diabetes diawali dengan melakukan makan teratur. Jadwal teratur itu sama dengan kebiasaan makan sehari-hari (3 kali sehari).

Berikut jadwal makan/tips diet bagi penderita diabetes :

  • Pukul 06.00-07.00 : Makan pagi disarankan dilakukan setelah berolah raga lari, jogging atau jalan kaki.
  • Pukul 10.00 : Diharuskan makan buah-buahan.
  • Pukul 12.00 – 13.00 : Makan siang.
  • Pukul 15.00 : Makan buah-buahan.
  • Pukul 18.00-19.00 : Makan malam.

Buah harus dijadikan alas perut atau cemilan yang sehat. Penderita diabetes sangat memerlukan buah-buahan. Akibat penyakit ini, kulit bisa lebih cepat rusak.

Penderita dilarang keras membuat buah menjadi jus karena serat buah sangat diperlukan tubuh. Buah dalam lambung akan mengembang tiga jam sesudah kita konsumsi. Hal ini membuat kita hanya akan makan sedikit pada saat makan berikutnya karena merasa sudah kenyang. Serat buah juga berguna untuk menyerap gula dan kolesterol dalam tubuh.

Jenis pantangan

Diet diabates tetap menganjurkan para penderita diabetes untuk mengonsumsi makanan pokok. Dan harus sangat berhati-hati pada makanan cemilan.

Makanan pokok yang bagus untuk dikonsumsi sesuai urutannya adalah nasi, jagung, dan kentang. Yang paling buruk menurut Kunkun adalah jenis tepung-tepungan. Tepung apa saja, bahkan termasuk tepung beras.

Jenis makanan yang terbuat dari tepung yang tidak disarankan ahli gizi ini adalah roti, mi, makaroni, lumpia, martabak, donat, bala-bala, batagor, bakso, cilok, pempek, cireng, soun, combro, bihun, bubur lemu, bakpau, serabi, makanan dari tepung jagung atau maizena, dan sebagainya.

Makanan lain yang harus dihindari adalah makanan yang mengandung kadar gula tinggi seperti gula, minuman bersoda, kolak, bubur kacang. Beberapa buah-buahan juga harus dihindari seperti nangka, durian, salak, sawo, dan pisang.

Menu makan pagi, siang dan sore semuanya tetap mengandung unsur menu empat sehat. Untuk sarapan misalnya, makan dengan nasi goreng dengan sayur berupa tomat atau ketimun, ditambah tahu atau tempe. Untuk protein bisa ditambahkan telur, sebaiknya telur ceplok agar kuning telur bisa disisihkan alias tidak dimakan.