Cara Mengatasi Sulit Tidur di Malam Hari

Cara Mengatasi Sulit Tidur di Malam HariSulit tidur di malam hari dikenal juga dengan istilah insomnia. Diperkirakan sebagian besar orang pernah mengalami insomnia dalam kehidupannya sehari-hari.


Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami kesulitan untuk bisa tidur atau penyakit insomnia ini, bisa saja karena faktor stress, kelelahan tingkat tinggi, atau akibat gangguan kesehatan tertentu pada tubuh.

Dewasa ini, gangguan tidur seperti penyakit insomnia diderita oleh sebagian besar mereka yang hidup di kota. Berbagai tekanan sosial dan ekonomi membuat setiap orang menjadi sangat terbebani dengan kebutuhan dan tuntutan pekerjaan.

Hl seperti inilah yang akan meningkatkan resiko stress dan seringkali dibawa pulang ke rumah menyebabkan waktu istirahat tidak optimal.

Agar aktivitas tidur Anda pada malam hari menjadi lebih teratur, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda untuk mengatasi serta memperbaiki pola tidur Anda menjadi lebih teratur dan sehat:

Melakukan Aktivitas yang Menyehatkan

Usahakanlah Anda untuk meluangkan waktu untuk beraktivitas yang menyehatkan seperti halnya berolahraga pada pagi atau siang hari. Dengan Anda berolahraga, atau melakukan latihan fisik lainnya bahkan dalam porsi moderat ditambah dengan dua sesi latihan otot terbukti dapat memperbaiki kesulitan tidur di kalangan perempuan.

Selain itu juga dengan berolahraga Anda dapat mengurangi tingkat kecemasan dan depresi serta membantu untuk mengatur suhu pada tubuh kita.

Menurunkan Intensitas Cahaya

Cobalah untuk membiasakan menurunkan intensitas cahaya pada kamar Anda atau bisa tanpa menggunakan lampu. Karena dengan Anda mematikan lampu kamar merupakan upaya Anda untuk memberikan sinyal kepada tubuh bahwa waktu tidur sudah tiba.

Dari pemilihan jenis bola lampu juga bisa mempengaruhi mudah tidaknya seseorang untuk tertidur. Maka gunakanlah cahaya putih yang dingin dan terang seperti lampu neon yang berisi komponen biru yang signifikan, dengan cahaya biru ini, lebih daripada warna lain dalam spektrum cahaya, dapat menekan tubuh untuk melepaskan melatonin, hormon yang membuat kita mudah mengantuk.

Atau bisa juga memilih lampu dengan nuansa cahaya soft atau warm dengan temperature sekitar 3000 kelvins atau di bawahnya. Lampu jenis ini sudah diyakini tidak akan memicu insomnia pada diri Anda.

Matikan Gadget atau Televisi

Cobalah untuk menurunkan intensitas cahaya pada layar gadget atau televisi Anda apabila Anda memang sedang menonton siaran TV atau sedang membuka alat elektronik lainnya yang berhubungan dengan layar.

Dengan Anda menonton televisi atau membuka gadget mungkin saja hal itu dapat membuat Anda lebih rileks, tetapi layar pada TV, gadget, atau komputer Anda akan memancarkan cahaya biru yang lebih banyak dibandingkan lampu pada kamar Anda.

Ditambah lagi obyek yang Anda tatap di layar akan membuat Anda berkonsentrasi sehingga otak Anda akan terus bekerja, dan bukannya Anda tambah mengantuk, tetapi malah tambah asyik menatap layar tersebut.

Apabila Anda tidak mampu melepas kebiasaan menonton TV atau bermain gadget, pastikanlah Anda untuk menurunkan intensitas cahaya pada layarnya sehingga tidak terlalu terang. Para ahli merekomendasikan Anda untuk membaca artikel atau buku-buku ringan dengan pencahayaan yang redup. Cara ini dapat diyakini dapat membantu anda agar lebih cepat tidur.

Hindari Kebiasaan Buruk

Selain masalah penerangan atau pencahayaan ini, anda juga harus menghindari atau kalau bisa hentikan kebiasaan minum kopi, the, colah dan minuman lainnya yang mengandung kafein, terutama pada sore hari atau malam hari pada saat hendak tidur.

Selain itu biasakanlah minum minuman yang hangat pada saat hendak tidur, karena hal itu dapat membantu untuk lebih cepat mengantuk dan tertidur.

###

Nah itulah beberapa tips sederhana untuk mengatasi sulit tidur di malam hari. Semoga artikel ini membantu Anda untuk mengatasi susah tidur Anda. Semoga bermanfaat.