Penyakit Psittacosis Yang Ditularkan Unggas Burung

Banyak penyakit yang menjangkiti burung yang perlu kita waspadai. Salah satunya adalah psittacosis. Apa itu? Psittacosis, menurut dokumentasi dalam New South Wales Multicultural Health Communication Service adalah penyakit langka yang biasanya ditularkan burung kepada manusia dan disebabkan oleh kuman yang bernama Chlamydia psittaci.

Psittacosis adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri intraselular, Chlamydia psittaci. Istilah Psittacosis berasal dari kata Yunani untuk menyebut kakaktua atau psittakos. Orang yang pertama kali mempopulerkan istilah ini di bidang kesehatan adalah Morange pada tahun 1892.

Penyakit Psittacosis Yang Ditularkan Unggas Burung

Psittacosis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri intraselular wajib C psittaci. Penyakit ini berhubungan dengan burung dan unggas. Penyakit pada unggas ini menular kepada peternak unggas, pekerja toko hewan dan dokter hewan. Penyakit ini meski bisa sembuh dapat terjadi kambuhan ulang.

Gejala.

Pada manusia, setelah periode inkubasi 5-14 hari, gejala penyakit mulai nampak. Dimulai dari penyakit inapparent penyakit sistemik hingga radang paru-paru. Dalam minggu pertama psittacosis seperti gejala demam tipus: demam tingi dan diare, hidung berdarah dan leukopenia.

Perawatan.

Infeksi diobati dengan antibiotik. Tetrasiklin dan kloramfenikol merupakan obat pilihan untuk mengobati pasien dengan psittacosis. Bisa juga disembuhkan dengan terapi oral doxycycline, tetracycline hydrochloride, atau chloramphenicol palmitate.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

pepek anak SD, cara membuat handbody racikan makassar, cara melebatkan bulu kemaluan, DAUN wisa, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri