Berat Badan Ideal Untuk Ibu Hamil

Kesehatan secara keseluruhan sangat penting selama hamil. “Kehamilan yang sehat akan sangat mempengaruhi kualitas kelahiran dan bayi yang dilahirkan,” kata dr. Hasnah Siregar, Sp.OG.

Pada umumnya, berat badan seorang wanita calon Ibu sebelum masa kehamilan berkisar antara 45 Kg sampai dengan 65 Kg. Bila kondisi Ibu hamil terlalu kurus atau terlalu gemuk akan mempunyai risiko pada masa melahirkan, untuk ibu juga janin dalam kandungan.

Berat Badan Ideal Untuk Ibu Hamil

Overweight Ibu Hamil.

Kelebihan berat badan pada ibu hamil akan beresiko terkena diabetes (penyakit gula) dan hipertensi (darah tinggi). Ketika ada pendapat mengatakan Ibu hamil harus makan banyak karena untuk berdua dengan janin dalam kandungan, dan asupan makanan jadi tidak terkontrol. Ini akan menimbulkan penumpukan kalori yang berakibat obesitas Ibu hamil. Kebutuhan makan saat masa kehamilan harusnya hanya naik sebanyak 10 persen sampai 15 persen dari sebelum hamil.

Kegemukkan Ibu hamil akan mengakibatkan plasenta akan semakin sempit ruangnya karena lemak. Ini akan menghambat perkembangan janin dalam kandungan, karena suplai yang terhambat dari plasenta. Selain itu, kemungkinan juga bayi akan lahir dengan kegemukkan pula.

Pada masa sehabis melahirkan, beragam efek negatif juga bisa timbul akibat kegemukkan ibu hamil. Bisa berakibat infeksi pasca melahirkan, karena seringya tersumbat pembuluh darah. Tumpukan lemak dibawah kulti akibat obesitas saat hamil, akan menjadi tempat tumbuhnya kuman yang juga akan berakibat infeksi. Untuk mengatasinya, bisa dengan mengontrol makanan juga melakukan olahraga untuk ibu hamil.

Berat Badan Ideal Ibu Hamil

Underweight Ibu Hamil.

Kalau kelebihan berat badan saat kehamilan mempunyai banyak risiko, begitu juga dengan berat badan yang kurang. Pertumbuhan janin dalam kandungan juga akan terhambat, dan juga risiko kelahiran prematur pada kondisi kurangnya berat badan pada Ibu hamil.

Berat badan ideal Ibu hamil.

Pada kondisi normal, total kenaikan berat badan Ibu hamil seharusnya berkisar antara 12kg sampai 15kg. Pada tri semester pertama kehamilan biasanya berat badan belum terlalu drastis naiknya.

Berat Badan Ideal Untuk Ibu Hamil

Pada masa tri semester kedua kehamilan pada minggu ke 16 secara normal akan naik 90gr. Pada minggu ke 20 naik sekitar 256 gr, minggu ke 24 sebanyak 680 gr dan minggu ke 27 naik 900 gr.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

kuku jari ayam patah, ragi tape untuk sakit gigi, pepek anak SD, cara melepas behel dengan baking powder, cara membuat handbody racikan makassar, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri, DAUN wisa, cara membuat henna putih dari handbody, harga talsyn cl