Manfaat Vitamin C Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Loading...

Manfaat Vitamin C Untuk Kecantikan KulitMEDIKALOGI.COM – Tentunya Anda sekalian semua sudah tahu dan sering mendengar yang namanya vitamin C. Vitamin C ini sangat baik untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit.

Vitamin C atau asam askorbat merupakan antioksidan yang terkuat di dalam tubuh manusia. Fungsinya ialah mempertahankan dan membentuk kolagen untuk menjaga kecantikan kulit supaya kulit tetap kenyal dan lentur.

Di beberapa klinik kecantikan dan bahkan sudah banyak yang menawarkan jasa suntik vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh sembari mencerahkan kulit.

Vitamin C sendiri kaya akan antioksidan yang mampu menguatkan pembuluh darah serta meningkatkan elastisitas kulit.

Permasalahannya, vitamin C larut dalam air. Hal ini berarti tubuh kita tidak dapat menyimpan atau mengakumulasi vitamin C. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengonsumsi vitamin C secara rutin tiap hari. Masih ragu? Yuk simak manfaat mengonsumsi vitamin C secara rutin bagi kuku, kulit, dan rambut berikut ini.

Manfaat Konsumsi Vitamin C

Berikut ini, beberapa manfaat bila mengkonsumsi vitamin C secara teratur :

1.   Membuat Tubuh Lebih Bertenaga

Vitamin C memegang peranan penting dalam penyerapan zat besi bagi tubuh. Zat besi sendiri berperan penting dalam kecantikan dan kebugaran tubuh secara keseluruhan. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia dan kelelahan.

2.   Membuat Rambut Lebih Sehat

Vitamin C adalah salah satu nutrisi paling efektif untuk membantu menumbuhkan dan menguatkan rambut.

Untuk memberikan dosis vitamin yang optimal, campurkan ubi rebus, satu gelas ceremai, tiga buah stroberi, dan setengah buah paprika merah, blender hingga menjadi adonan yang merata. Setelah itu aplikasikan adonan tersebut ke kulit kepala dan rambutmu. Biarkan masker 15-25 menit kemudian bilas dengan air hangat.

3.   Membantu Pertumbuhan Kuku

Vitamin C dapat membantu pertumbuhan kuku dengan memperkuat kulit, sel kulit, tulang, dan dinding pembuluh darah.

Karena vitamin C menguatkan kuku dan membantu kuku tumbuh lebih optimal, ternyata vitamin C juga mencegah bintil kuku (hangnail). Mengonsumsi vitamin C merupakan jalan terbaik bagi kesehatan kuku, jadi pastikan kamu mengonsumsi jeruk-jerukan cukup sering ya.

4.   Mencegah Terjadinya Penuan Dini

Pada suatu penelitian tahun 2007 dalam American Journal of Clinical Nutrition dinyatakan bahwa wanita paruh baya yang mengonsumsi lebih banyak vitamin C memiliki kerutan dan kekeringan kulit yang lebih sedikit.

Para ahli juga berpendapat bahwa vitamin C dapat menunda tanda-tanda penuaan akibat kerusakan radikal bebas. Anda pun bisa membuat sendiri masker di rumah dengan mencampur satu buah kiwi dan setengah gelas pepaya, kemudian oleskan campuran tersebut pada wajahmu. Setelah 15-20 menit, bilas dengan air dingin.

Loading...