Manfaat Tempe Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Tempe Bagi Kesehatan Tubuh ManusiaMEDIKALOGI.COM – Ada banyak ragam makanan khas Indonesia yang mengandung segudang nutrisi namun kebanyakan orang tidak menyadarinya, atau bahkan tidak tahu sama sekali akan manfaatnya bagi kesehatan. Salah satu jenis makanan yang dimaksud itu ialah tempe.


Tempe, makanan ini bukan saja enak, tapi bervitamin dan memiliki kandungan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Protein nabatinya mampu memenuhi kebutuhan harian tubuh. Harganya juga sangat terjangkau, namun walaupun murah, tempe jangan dipandang sebelah mata karena masyarakat dunia pun sudah mengakui manfaatnya.

Bahan baku dari sebuah tempe adalah soya/kacang kedelai. Sebagian orang mungkin belum tahu bahwa tempe ternyata adalah makanan yang dibuat dari fermentasi antara biji kedelai dan beberapa bahan lain yang menggunakan “ragi tempe“ dari genus Rhizopus (yang umum digunakan adalah ragi yang bernama Rhizopus Oligosporus).

Setelah proses fermentasi, kacang kedelai akan menyatu dan membentuk gumpalan seperti spons/kapas yang padat oleh miselium. Tekstur, rasa dan aroma dari sebuah tempe ditentukan oleh enzim yang dihasilkan dalam proses fermentasi ini.

Manfaat tempe bagi kesehatan tubuh

Tempe merupakan sumber sempurna yang kaya serat dan protein soya. Selain itu, tempe juga merupakan sumber asam folat/vitamin B-12, Kalium, Zat Besi dan beberapa bahan Bio-aktif yang penting seperti Isoflavon dan Saponins. Penelitian telah membuktikan bahwa ada hubungan erat antara Isoflavon dan Saponins dengan mengurangi gejala menopause seperti hot flashes, mempertahankan kesehatan tulang dan mencegah kanker prostat dan kanker payudara.

Dan tahukah Anda, ternyata Vitamin B12 yang dikandung oleh tempe itu penting untuk pembentukan eritrosit atau sel darah merah dan dapat mencegah anemia permisiosa yaitu anemia akibat kekurangan vitamin B12/asam folat. Luar biasa kan manfaat dari tempe?

Tapi tunggu dulu, yang dipaparkan tadi masih sebagian kecil manfaat tempe. Masih ada banyak manfaat yang bisa diberikan dari sepotong kecil tempe yang Anda konsumsi.

Pengobatan alternatif bagi kolesterol tinggi.

Tempe juga merupakan sumber asam amino yang lengkap yang terdiri atas asam amino esensial yang baik untuk pertumbuhan. Kualitas dari protein soya itu setara dengan daging, susu dan protein telur. Selain itu, yang terpenting adalah tempe tidak mengandung lemak jenuh dan kolestrol.

Menurunkan resiko penyakit jantung.

Peneliti juga telah menemukan kualitas dari protein soya yang bisa membantu menurunkan resiko penyakit jantung dengan cara menurunkan kolesterol tubuh dan meningkatkan fleksibilitas dari pembuluh darah. FDA (Food and Drug Administration) telah menyetujui bahwa 25 gram protein soya dalam diet sehari-hari yang rendah lemak jenuh dan kolesterol dapat membantu menurunkan total dan LDL kolesterol.

Antibiotik alami bagi pencernaan.

Karena tempe merupakan hasil dari fermentasi dengan bahan baku produk kedelai/soya yang merupakan makanan probiotik, maka tempe memproduksi berbagai jenis “antibiotik natural“ yang dapat melawan bakteri.

WHO (World Health Organization) mendefenisikan probiotik sebagai mikro organisme yang hidup berperan positif, dalam kuantitas atau jumlah tertentu, yang bisa memberikan manfaat bagi makhluk yang ditinggalinya. Atau dengan kata lain, probiotik adalah bakteri atau jamur yang “baik“ dan berguna dan berfungsi sama seperti organisme alamiah yang terdapat dan tinggal di dalam tubuh.

Probiotik yang dikandung oleh tempe, telah diteliti mempunyai banyak manfaat kesehatan, mulai dari membantu penyembuhan sindrom iritasi pencernaan/Irritable Bowel Syndrome dan Traveler’s diarrhea, bahkan untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Probiotik juga terkadang digunakan dalam beberapa antibiotik untuk melawan penyakit diare.

Nah, sudah tahu kan betapa pentingnya tempe bagi kesehatan tubuh manusia?. Selanjutnya, terserah kepada pembaca artikel ini saja mau mengkonsumsi tempe atau tidak.