Manfaat Omega 3 Bagi Kesehatan Tubuh dan Efek Sampingnya

Manfaat Omega 3 Bagi Kesehatan Tubuh dan Efek SampingnyaMEDIKALOGI.COM – Kemungkinan orang pada umumnya hanya tahu tentang omega 3 yang sangat baik untuk kesehatan tubuh dan perkembangan bagi anak. Namun, tidak tahu manfaat pada omega 3 yang lebih detail. Andai saja orang tahu tentangnya lebih spesifik dan lebih detail lagi, kemungkinan akan mengupayakan untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan omega-3.


Omega 3 adalah salah satu jenis lemak tak jenuh yang sangat baik dan juga diperlukan oleh tubuh, namun omega 3 hanya bisa diperoleh dari asupan makanan baik suplemen maupun sumber makanan seperti ikan tuna, ikan salmon, makarel, haring, ikan sarden, tenggiri, minyak kanola, walnut, kacang kenari, kacang kedelai, alpukat, bayam dan lain-lain.

Untuk bayi dan anak anak, omega 3 sangat bermanfaat untuk perkembangan otak dan mata mereka. Kandungan lemak DHA pada omega 3 sangat mendukung hal tersebut. Kesimpulan ini merupakan hasil penelitian yang dibuktikan oleh kebanyakan tenaga ahli dalam bidang gizi dan nutrisi.

Dan seiring dengan perkembangan teknologi dan keilmuan, maka ditemukan hasi lebih lanjut tentang manfaat pada omega 3, yaitu jika ibu memiliki kadar DHA yang cukup tinggi pada darahnya, yang disupply oleh makanan yang mengandung omega-3, maka akan melahirkan keturunan yang memiliki kemampuan kognitif, motorik dan indera yang lebih baik.

Asam lemak omega 3 sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi dengan benar sesuai dengan dosis yang dianjurkan setiap harinya, sekarang banyak juga beredar omega 3 dalam bentuk suplemen sehingga bisa lebih mudah dikonsumsi.

Untuk lebih jelasnya lagi, silahkan Anda simak beberapa manfaat omega 3 untuk kesehatan tubuh, seperti:

1.   Menurunkan resiko penyakit jantung.

Omega 3 sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit yang berhubungan dengan jantung karena omega 3 dapat membuat organ arterial menjadi lebih elastis selain itu omega 3 dapat menurunkan resiko tekanan darah tinggi.

2.   Menyehatkan mata.

Omega 3 sangat baik untuk meningkatkan kesehatan mata secara umum .

3.   Menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Lewat penelitian yang pernah dilakukan rutin mengkonsumsi ikan yang kaya omega 3 sangat bermanfaat untuk meningkatkan kolesterol baik dan juga terbukti dapat menurunkan kadar trigliserida dan LDL dalam darah.

4.   Meningkatkan kesehatan otak.

Omega 3 sangat baik untuk meningkatkan kesehatan otak kita karena sangat mempengaruhi perkembangan membran sel dalam sistem neurologis di dalam otak, selain itu omega 3 mampu meningkatkan daya ingat sehingga sangat cocok untuk mereka yang sering pelupa.

5.   Mengurangi depresi.

Untuk Anda yang sering mengalami depresi ringan omega 3 sangat baik juga untuk dikonsumsi.

6.   Anti inflamasi.

Omega 3 sangat baik untuk membantu memulihkan kondisi penyakit seperti eksim, psoriasis, asma dan juga radang sendi.

7.   Mengurangi resiko pembekuan darah.

Omega 3 dapat membantu untuk menurunkan resiko pembekuan darah sehingga dapat membantu mengurangi resiko terjadinya penyumbatan pembuluh darah penyebab stroke.

8.   Baik untuk wanita hamil.

Omega 3 sangat penting untuk meningkatkan kesehatan mental dan fisik pada bayi yang sedang dikandung.

9.   Mengurangi nyeri haid.

Untuk wanita yang sering mengalami sakit/nyeri pada saat haid anda bisa mengkonsumsi omega 3 sehingga rasa sakit pada saat haid bisa berkurang.

10.   Mencegah penyakit alzheimer.

Untuk orang yang sering mengkonsumsi omega 3 setiap hari terbukti dapat menurunkan resiko terkena penyakit alzheimer.

11.   Baik untuk penderita diabetes.

Omega 3 baik juga dikonsumsi untuk penderita diabetes karena menurut penelitian omega 3 dapat menurunkan risiko penyakit diabetes sebesar 2 kali lipat

12.   Membantu penyerapan vitamin.

Dengan mengkonsumsi omega 3 maka sangat membantu dalam hal penyerapan vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A,D,E dan K.

13.   Meningkatkan perkembangan anak.

Anak-anak yang sering mengkonsumsi omega 3 sangat baik untuk membantu perkembangan fisik dan mental anak.

Untuk anda yang mengkonsumsi omega 3 dalam jumlah banyak disarankan untuk menguranginya karena jika dikonsumsi berlebihan dapat menimbulkan efek samping yang bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.

Beberapa efek samping dari omega 3 jika dikonsumsi berlebihan:

1.   Meningkatkan kadar glukosa darah.

Suplemen omega 3 jika terlalu banyak dikonsumsi dapat meningkatkan kadar gula darah, karena itu untuk penderita diabetes sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi asam lemak omega 3 ini.

2.   Gangguan pada perut.

Untuk anda yang sering mengkonsumsi suplemen minyak ikan melebihi dosis yang dianjurkan bisa jadi anda akan mengalami gangguan pada perut seperti diare dan perut kembung karena produksi gas dalam lambung meningkat.

3.   Meningkatkan resiko terkena stroke.

Meskipun efek samping ini masih jarang terjadi namun anda sebaiknya tidak mengkonsumsi omega 3 berlebihan setiap hari .

4.   Memar dan pendarahan.

Untuk Anda yang mempunyai masalah dalam pembekuan darah ataupun mengkonsumsi omega 3 bersamaan dengan obat pengencer darah sebaiknya berhati-hati, karena besar kemungkinan akan mengalami pendarahan dan memar. Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi omega 3 ini.

Demikianlah artikel mengenai “Manfaat Omega 3 dan Efek Sampinya” untuk kesehatan yang bisa Anda coba dengan mengkonsumsi sumber makanan yang mengadung omega 3 ataupun suplemen omega 3, namun sebaiknya dikomsumsi tidak terlalu berlebihan supaya tidak menimbulkan efek samping bagi tubuh. Lebih dan kurangnya, penulis mohon maaf.