Informasi Tentang Kemandulan Sekresi

Informasi Tentang Kemandulan SekresiMEDIKALOGI.COM – Seperti yang diyakini semua orang, kemandulan yang menimpa seorang wanita tentu akan menimbulkan sebuah malah petaka dalam berumah tangga.


Menurut data dari Dinas Kesehatan, diantara 100 pasangan terdapat 10 orang yang tidak dapat memperoleh keturunan anak karena si wanita mengalami kemandulan. Jumlah ini cukup fantasis, karena hampir setiap pasangan muda yang menikah, tentu mempunyai cita-cita atau salah satu tujuannya ingin memperoleh keturunan.

Kemandulan yang dialami oleh wanita terdiri atas berbagai jenis. Satu diantara jenis-jenis kemandulan itu adalah kemandulan sekresi. Kemandulan sekresi yang terjadi pada seorang wanita akan menghambatnya dalam proses pembuahan sel telur oleh sel sperma.

Bagaimana Cara Mengatasi Kemandulan Sekresi

1.   Menjalani teknologi mikroskop

Teknologi ini berfungsi untuk merangsang rahim agar menjadi subur. Dengan teknologi ini, diagnosis kemandulan sekresi akan mudah dikenali. Anda dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis kandungan untuk menjalani proses penyembuhan ini. Cara mengatasi kemandulan yang demikian sudah banyak diterapkan oleh masyarakat kita.

2.   Rutin berolahraga ringan

Olahraga ringan terkenal mampu membuat organ reproduksi menjadi semakin sehat. Salah satu contoh dari olahraga ringan adalah yoga dan jalan-jalan. Selain membuat sirkulasi darah di organ reproduksi menjadi lancar, cara mengatasi kemandulan sekresi yang demikian juga mampu membuat pikiran menjadi rileks. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda dapat mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya vitamin C dan E.

3.   Selalu menjaga emosi

Jangan biarkan otak Anda merasa stress dan tertekan. Hal tersebut perlu dilakukan lantaran stres dan tertekan mampu membuat kemandulan sekresi menjadi lebih buruk. Jika sudah lelah melakukan aktivitas, pergilah beristirahat agar kondisi badan tetap terjaga. Jangan lupa untuk selalu melakukan pemeriksaan rutin ke dokter spesialis kandungan agar perkembangan usaha penyembuhan ini dapat terpantau dengan baik.

Biasanya, wanita yang mengalami kemandulan sekresi akan mengalami nyeri pada bagian perut. Jika tidak segera dibawa kedokter, rasanya akan semakin parah. Untuk itu, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri apabila rasa nyeri tersebut muncul. Dengan cara mengatasi kemandulan sekresi yang demikian, kondisi tubuh Anda akan semakin membaik.

Apakah Penyebab Kemandulan Sekresi

Penyebab-penyebab kemandulan sekresi yang biasa terjadi :

1.   Tidak seimbangnya kelenjar sekresi

Salah satu ketidakseimbangan kelenjar sekresi ini dapat dilihat dari menurunnya jumlah kelenjar adrenal. Kondisi ini kemudian membuat perkembangan gonad menjadi tidak sempurna. Tak hanya itu, organ reproduksi dan proses ovulasipun juga turut mengalami gangguan. Selain kelenjar adrenal, kelenjar sekresi lain yang memicu terjadinya kemandulan sekresi adalah tiroid, pankreas, dan ovarium. Penyebab kemandulan sekresi yang demikian merupakan penyebab yang paling umum terjadi.

2.   Gangguan mental

Stress dan emosional dapat memicu timbulnya rasa takut yang kemudian akan membuat sistem endokrin pada seorang wanita menghambat terjadinya ovulasi. Selain itu, gangguan pada sistem endokrin yang disebabkan oleh stress juga dapat membuat hubungan seorang istri dan suami menjadi kurang harmonis. Kemudian,

3.   Konsumsi makanan yang tidak sehat

Mengkonsumsi makanan dengan sembarangan dapat memicu terjadinya kemandulan sekresi. Hal tersebut terjadi lantaran suplai nutrisi dalam tubuh tidak terjaga dengan baik. Hal tersebut akan semakin parah apabila seorang wanita menjalani diet ketat yang sembarangan.

4.   Penggunaan obat-obatan

Mengkonsumsi obat-obatan seperti aspirin, gosipol dan indometasin juga dapat membuat kualitas sel telur menjadi turun. Sejatinya, obat-obat tersebut memang boleh dikonsumsi dengan berpegang pada anjuran dokter. Selain obat-obatan, kebiasaan merokok, minum minuman beralkohol dan minum kopi dalam jumlah yang berlebihan juga dapat memicu terjadinya kemandulan sekresi.

Bagaimana Cara Mencegah Kemandulan Sekresi

Untuk mencegah atau menghindari terjadinya kemandulan sekresi, Anda dapat melakukan seperti :

1.   Menghindari stress

Pada dasarnya, stress yang dialami oleh seorang wanita memang dapat menimbulkan berbagai masalah. Selain dapat memicu terjadinya kemandulan sekresi, stress juga dapat membuat siklus menstruasi menjadi tidak teratur. Cara mengatasi stress sendiri dapat Anda lakukan dengan cara melakukan kegiatan yang aAnda sukai seperti jalan-jalan, berbelanja atau menonton film.

2.   Menjaga asupan nutrisi

Makanlah makanan yang kaya akan vitamin dan zat besi. Dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi, kesehatan organ reproduksi anda akan lebih terjamin.

3.   Menjaga berat badan ideal

Kegemukan merupakan hal yang dapat dengan mudah mengundang berbagai penyakit berbahaya. Mulai dari penyakit diabetes melitus, kanker, sulit hamil hingga sering keguguran. Karena itulah, jaga pola makan Anda agar tidak kegemukan. Jangan lupa mengimbanginya dengan olahraga yang teratur.

4.   Melakukan tes di laboraturium

Cek yang dilakukan di laboraturium tidak hanya dilakukan oleh seorang istri, namun seorang suami juga perlu dicek. Hal ini dilakukan agar kedua belah pihak dapat mengetahui kondisi mereka masing-masing. Di samping melakukan tes di laboraturium, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan. Untuk berkonsultasi, sebaiknya Anda jangan menunda waktu hingga tanda ketidaksuburan terjadi. Lakukan pemeriksaan sedini mungkin agar Anda dapat mengetahui kondisi Anda dengan baik.

Itulah beberapa informasi untuk menghindari kemandulan sekresi yang perlu Anda (wanita) ketahui demi kebahagiaan dalam berumah tangga. Lebih dan kurangnya, saya minta maaf.