Faktor Pathogen Penyebab Kemandulan Ovarium Wanita

Loading...

Faktor Pathogen Penyebab Kemandulan Ovarium WanitaMEDIKALOGI.COM – Dalam ilmu kesehatan, banyak para wanita mengalami kemandulan dikarenakan berbagai jenis dan penyebabnya dan salah satu jenis kemandulan yang akhir-akhir ini banyak menimpa wanita adalah kemandulan ovarium.

Ovarium adalah tempat sekresi telur pada wanita dan rentan terhadap masalah. Banyak penyebab kemandulan berasal dari ovarium wanita.

Kemandulan ovarium merupakan penyebab utama kemandulan wanita. Ovarium terletak pada bagian dalam panggul wanita dengan sepasang gonad, jaringan ovarium terbentuk dari korteks dan medula. Ovarium merupakan organ reproduksi wanita yang penting.

Fungsi organ reproduksi ini adalah menghasilkan sel telur yang nantinya akan dibuahi oleh sel sperma. Karena itulah jika sesuatu terjadi pada organ penting ini, maka kemungkinan besar seorang wanita akan mengalami kemandulan. Dan kemandulan yang paling sering terjadi adalah kemandulan ovarium. Penyakit ini diakibatkan oleh beberapa faktor pathogen.

Berikut ini, penulis menyampaikan mengenai beberapa faktor pathogen penyebab kemandulan ovarium pada wanita :

1.   Faktor Penyakit Sistemik

Faktor pathogen pertama penyebab kemandulan ovarium pada wanita adalah penyakit sistemik yang diderita oleh seorang wanita. Penyakit sistemik adalah sebuah penyakit yang apabila menyerang tubuh seseorang maka dampak yang akan dirasakan menyeluruh ke semua bagian tubuh.

Contoh penyakit sistemik adalah :

  • Diabetes mellitus.
  • Asam urat.
  • Disfungsi adrenal.
  • Dan lain-lain.

Karena berpengaruh buruk terhadap seluruh bagian tubuh, maka tak heran jika ovarium juga terkena dampaknya yaitu gangguan fungsi ovarium.

2.   Faktor Keseimbangan Mental/Stres

Selain penyakit sistemik, ternyata keseimbangan mental juga menjadi penyebab kemandulan ovarium pada wanita.  Jika seorang wanita mengalami stres secara berlebihan maka proses ovulasi yang berlangsung di ovarium akan menjadi tertekan. Akibatnya, kemandulan tak dapat lagi dihindarkan. Penyebab kemandulan ovarium pada wanita yang lain adalah pengaruh efek sentral. Terjadinya pengaruh efek sentral disebabkan karena adanya tumor hipofisis, hipotalamus hingga ovarium endokrin yang tidak seimbang.

3.   Faktor Lokal

Faktor lokal yang terjadi pada wanita biasanya terjadi karena beberapa hal. Beberapa hal yang yang dimaksud adalah tumbuhnya tumor cytoma, bekas luka, ovarium polikistik serta kelainan-kelainan lain yang menyerang bagian ovarium.

Tentu penyakit ini akan membawa dampak buruk bagi kesehatan wanita. Karena itulah Anda perlu memahami penyebab kemandulan ovarium ini agar dapat melakukan tindakan pencegahan.

Itulah beberapa faktor pathogen penyebab kemandulan yang dialami oleh para wanita. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat. Lebih dan kurangnya, penulis minta maaf.

Loading...