14 Gejala Awal Kanker yang Sering di Anggap Remeh

14 Gejala Awal Kanker yang Sering di Anggap RemehMEDIKALOGI.COM – Penyakit kanker merupakan suatu penyakit yang banyak orang takuti. Sebab dari berbagai kasus yang pernah terjadi, beberapa penderitanya berhasil sembuh namun tak sedikit pula yang dikalahkan oleh penyakit kanker ini.

Harus di ingat bahwa kita tidak bisa hanya mengandalkan tes rutin yang dilakukan. Adalah hal yang penting untuk ‘mendengarkan’ tubuh Anda, apalagi bila ada gejala yang ‘aneh’.

Agar kita tidak terlambat dalam menangani atau mendeteksi penyakit berbahaya ini, maka tak ada salahnya jika kita semua mewaspadainya sejak dini dan salah satu caranya adalah dengan mewaspadai beberapa gejalanya.

Artikel berikut berisikan 14 daftar terbesar kanker gejala sering diabaikan, untuk mengingatkan orang-orang yang memperhatikan gejala awal kanker :

1.   Batuk

Batuk yang berlangsung untuk waktu yang lama, selain disebabkan oleh demam, perhatian juga harus ditujukan kepada kanker paru-paru atau kanker pita suara. Jika batuk terus-menerus, disertai tenggorokan gatal atau suara serak, Anda harus mencurigai bahwa itu kanker laring.

2.   Massa pada payudara

Hormone estergen ini dapat bervariasi, jika pada saat sudah selesai menstruasi dan massa tetap bertahan, Anda perlu mencari dokter profesional dengan pemeriksaan profesional untuk diagnosis. Karena ini mungkin tumor jinak payudara, bisa jadi kanker payudara.

3.   Pencernaan tidak nyaman atau kesulitan menelan

Ini mungkin berhubungan dengan kanker pencernaan, seperti kanker lambung, kanker kerongkongan, kanker usus besar.

4.   Berat badan turun drastis

Selain diet, berat badan yang turun bisa dikarenakan berbagai penyakit kanker. Seperti kanker pankreas, kanker lambung, kanker kerongkongan atau kanker paru-paru.

5.   Nyeri

Nyeri merupakan gejala umum dari kanker stadium lanjut, tetapi kanker tulang dan kanker testis gejala awalnya ada nyeri, perlu dicatat.

6.   Demam

Jika mimisan dan beberapa gejala flu seperti pilek, batuk, dan lain-lain, tapi belum baik atau sedang tidak demam tapi merasakannya, kita harus waspada terhadap demam terus menerus yang mungkin terkait dengan karsinoma nasofaring. Selain itu, hampir semua pasien kanker dalam kejadian dan pengobatan jangka waktu tertentu, karena sistem kekebalan tubuh yang terpengaruhi menjadi demam disertai dengan beberapa gejala seperti kelelahan dan gejala lain, sering menyebabkan misdiagnosis.

7.   Buang air tidak normal

Jika ada sering sembelit atau diare, hematuria, disuria atau disfungsi kandung kemih dan gejala lainnya. Selain mempertimbangkan wasir, radang usus, atau infeksi saluran kemih, juga harus mencurigai adanya kanker usus besar atau kanker kandung kemih.

8.   Perdarahan abnormal

Dahak yang disertai darah bisa berhubungan dengan kanker paru-paru, feses yang berdarah waspadalah kanker usus. Kanker leher rahim atau endometriosis dapat menyebabkan perdarahan yang tidak normal pada vagina, darah dalam urin bisa menjadi salah satu gejala utama kanker kandung kemih atau kanker ginjal.

9.   Sekresi kelainan

Keputihan yang tidak normal, harus waspada terhadap kanker serviks dan endometrium. Contohnya keputihan seperti air jernih, mungkin berhubungan dengan kanker serviks. Pada saat tidak menyusui, harus waspada terhadap payudara jika putting keluar bisa menjadi gejala kanker payudara.

10.   Perubahan kulit normal

Jika tahi lalat hidup, dan warna perbatasan berubah serta perubahan abnormal dari kerusakan kulit baru, maka bisa dicurigai kanker kulit. Pada orang-orang yang mengkonsumsi tembakau, merokok atau alkohol cenderung sulit untuk meyembuhkan luka pada kulit.

11.   Leukoplakia lisan atau bintik-bintik putih lidah

Oral leukoplakia tarik mati, mungkin untuk mengembangkan kanker mulut.

12.   Gatal, pengerasan kulit, atau perdarahan

Gejala-gejala ini kurang umum, tetapi tidak dapat diabaikan. Jika ada kelainan pada kulit yang tidak normal berlama-lama selama beberapa minggu, Anda harus pergi ke dokter segera.

13.   Sering buang air kecil

Wanita memiliki perut bengkak, nyeri tumpul, panggul atau sakit perut, dan perut terasa penuh, frekuensi kencing yang sering dan tidak tertahan, hampir setiap satu dari gejala-gejala muncul, Anda harus mencari saran medis dengan cepat, yang mungkin terkait dengan tumor ginekologi. Jika kompresi tumor usus, perubahan kebiasaan buang air besar juga dapat terjadi.

14.   Nyeri punggung

Nyeri punggung tidak hanya karena luka, penyakit ginekologi, gangguan, rematik dan penyakit lainnya, tetapi juga berhubungan dengan kanker ginjal. Jika sakit punggung, hematuria, benjolan, kita harus berhati-hati dan mencurigai itu adalah kanker ginjal. Dianjurkan untuk mencari bantuan medis sesegera mungkin.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

Cara membuat lem gigi sendiri, cara meracik handbody marina, pepek anak SD, cara melepas behel dengan baking powder, cara membuat handbody racikan makassar, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri, DAUN wisa, cara membuat henna putih dari handbody, harga talsyn cl