Informasi Tentang Bahaya Mie Instan

Informasi Tentang Bahaya Mie InstanMEDIKALOGI.COM – Hampir semua kalangan tahu dengan makanan cepat saji yang namanya mie instan. Selain mudah didapatkan, juga sangat cocok jika di konsumsi dalam keadaan cuaca yang dingin/hujan bersama semangkuk nasi.

Mie instan biasanya dijadikan makanan pokok atau hampir di konsumsi setiap hari oleh anak kost-kosan, karena alasan harga yang terjangkau inilah yang membuat mie instan sangat disukai. Tak hanya itu cara pembuatannya pun juga sangat praktis dan tak butuh waktu yang lama.

Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya mengkonsumsi mie instan dalam porsi yang berlebihan atau terlalu sering dapat mengakibatkan masalah kesehatan? Oleh karena itulah usahakan sebisa mungkin Anda mengurangi porsi makan/kebiasaaan mengkonsumsi mie instan jika tidak ingin terkena dampak buruknya.

Sebenarnya bahaya apa sajakah bahaya yang bisa di akibatkan oleh seringnya mengkonsumsi mie instan untuk kesehatan tubuh kita? Dengan terlalu sering mengkonsumsi mie instan maka kemungkinan Anda dapat terkena dampak atau resiko timbulnya penyakit ginjal, kanker dan usus buntu.

Kandungan dan bahan mie instan seperti :

1.   Kandungan Lilin

Di dalam mie instan tenyata terdapat kadungan lilin, nah hal inilah yang kemudian bisa membahayakan kesehatan Anda. Kandungan lilin ini berguna untuk membuat mie agak tidak lengket atau dempet satu dengan lainnya.

Sementara itu dengan seringnya mengkonsumsi mie instan berarti kita juga telah memasukkan kandungan lilin ke tubuh kita bukan? Dan lama kelamaan kandungan tersebut akan merusak system kerja pencernaan tubuh. Kandungan lilin ini baru bisa dicerna oleh tubuh hingga menunggu 2 hari lamanya.

Nah hal inilah yang mengakibatkan mie instan dapat menyebabkan anda terkena gangguan kesehatan pencernaan, dan yang lebih mengerikannya lagi lama kelamaan dapat berujung mulai terjadinya sel-sel baru penyebab sakit kanker.

2.   Kandungan Natrium

Selain adanya kandungan lilin dalam mie instan, ternyata makanan instan yang satu ini juga mengandun natrium, dan kandungan natrium inilah yang bisa membahayakan anda yang memiliki/mengidap sakit hipertensii dan Maag .

Mengapa natrium bisa berbahaya bagi penderita maag? Hal ini didasari oleh kandungan natrium bersifat menetralkan lambung, sehingga mengakibatkan lambung anda akan mensekreasi asam dalam jumlah yang banyak untuk dapat mencerna makanan.

Dan akibatnya, kadar asam dalam lambung akan mengalami kenaikan (bertambah banyak) dan mulailah terjadi pengikisan pada dinding lambung anda. Untuk para pengidap/ penderita hipertensi, kandungan natrium ini sangat berbahaya, karena dapat memicu peningkatan tekanan darah dalam tubuh.

Zat-Zat Yang Berbahaya Lainnya

Mie instan ternyata juga mempunyai kandungan zat-zat yang membahayakan kesehatan tubuh kita, dan keadaan zat itulah yang tidak kita sadari keberadaannya.

Adapun zat-zat yang berbahaya dalam mie instan dapat kita lihat seperti berikut :

1.   Bumbu mie instan dan pelengkapnya

Memang tidak bisa dipungkiri jika bumbu mie instanlah yang bisa membuat makanan ini menjadi nikmat dan gurih, karena? Karena bumbu mie intan mengandung bahan penyedap rasa, namun penyedap rasa MSG atau Vetsin ini yang nantinya bisa membahayakan bagi kesehatan kita.

2.   Bahan Penambah Rasa

Mie instan memang biasanya dijual ke masyarakat dengan aneka macam rasa, ada yang rasa kari ayam, rasa rending, rasa soto,rasa kaldu ayam dan lain-lain. Aneka macam rasa ini biasanya mengandung flavor yang berbahaya. Bahan flavor inilah yang bisa membuat mie instan mempunyai aneka rasa

Pendapat ahli

Para ahli menuturkan, sering mengkonsumsi mie instan memang belum tentu menyebabkan kanker, tapi pasti akan berdampak pada kesehatan. Kandungan garam dalam mie instan jauh lebih tinggi, terlalu banyak mengkonsumsi garam mudah menyebabkan timbulnya hipertensi dan kerusakan pada ginjal.

Masyarakat umum yang biasanya sering mengkonsumsi mie instan yang bumbunya mengandung sejumlah logam berat beracun, 36 jam setelah makan, mie instan belum tentu sepenuhnya telah dicerna. Penelitian ilmuwan Amerika [Makanan Olahan] dan [Makanan Non Aditif] saat masuk ke dalam perut, mie buatan rumah dapat sepenuhnya dicerna setelah 32 jam, sedangkan mie instan olahan masih meninggalkan sisa-sisa yang belum sepenuhnya tercerna.

Mie instan yang bisa matang dalam 3 menit, setelah makanan masuk ke dalam perut, dalam 36 jam makanan masih ada di dalam belum tercerna, kenapa bisa seperti itu (sangat sulit dicerna?).

Dalam mie instan terdapat 136 jenis antioksidan, yang mengandung obat pencahar, pemutih “tartaric acid” yang digunakan pada lensa kontak, shampoo “polydimethylsiloxane”, bahkan kandungan butane pada pemantik, juga menjadi ” Butyl hydroquinone” yang ditambahkan ke dalam mie, inilah alasan mengapa rasa mie instan selalu melambung dan selalu kenyal.

Meskipun semua orang tahu bahwa mengkonsumsi mie instan tidak sehat, tetapi dalam keseharian kita yang sibuk, mie instan dapat mengeyangkan. Jadi bagaimana cara kita membatasi mie instan untuk mengurangi risiko itu ?

Pertama, cobalah untuk memasak mie instan. Karena mie yang sudah dimasak lebih mudah menyerap air, dan kondusif bagi pencernaan usus dan lambung. Kemudian cobalah untuk tidak menggunakan bumbu pada mie instan. Asupan garam pada tubuh manusia tidak boleh lebih dari 6 gr setiap harinya. Kandungan garam pada mie instan dan roti mencapai 1,8 kali lebih besar dari jumlah yang seharusnya.

Mie instan memiliki nilai gizi yang rendah, karena itu Anda dapat menambahkan beberapa bahan makanan lainnya, seperti menambahkan sayuran yang kaya vitamin, misalnya bayam, paprika hijau dan lain-lain, untuk mencairkan berbagai zat aditif yang membahayakan tubuh manusia.

Tentu saja, hal terpenting adalah jangan minum kuah mie instan-nya! Kuahnya mengandung garam, gula, sodium siklamat, asam sitrat, penyedap rasa daging dan makanan aditif lainnya, yang sangat tidak baik bagi kesehatan manusia.

Terakhir, jika Anda takut gemuk, Anda dapat menambahkan irisan tomat atau lemon ke dalam mie instan, mereka ahli dalam menyerap minyak, taruh selama 4 menit dan kemudian angkat kembali, ini dapat menurunkan kandungan lemak hingga 18.5%.

Meskipun tidak dapat dihindari, kita sesekali bisa mengkonsumsi makanan yang tidak sehat bagi tubuh, tetapi harus sesuai dan seminimal mungkin mengurangi faktor yang dapat merusak tubuh. Setelahnya, bisa diimbangi dengan buah-buahan yang dapat melengkapi gizi yang tidak terdapat pada mie instan.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

опухоль задней губы шейки, DAUN wisa, cara membuat handbody racikan makassar, pepek anak SD, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri