Bahasa Salon yang Biasa Digunakan

Bahasa Salon yang Biasa DigunakanMEDIKALOGI.COM – Tidak tertutup kemungkinan, ada seseorang yang pernah berada dalam situasi serba salah dan marah-marah alias jengkel dengan penata rambut di salon karena ia salah memotong rambut.

Berawal saat penata rambut menanyakan potongan model apa yang diinginkan, dan dengan yakin Anda mengatakan ingin diberi efek yang begini begitu. Si penata rambut pun dengan fasih menjelaskan tentang layer, trap, dan thinning out. Anda berdua saling mengangguk tanda sepakat. Namun, selesai dipotong, alangkah terkejutnya Anda melihat hasilnya yang jauh dari yang Anda inginkan.

Sebenarnya, masalahnya cuma salah komunikasi saja. Anda berniat ingin menipiskan sedikit rambut agar bentuknya lebih bertekstur, tetapi si penata rambut salah mengerti. Potongan yang sebenarnya Anda butuhkan adalah chopping bukan thinning out seperti yang ada di benak si penata rambut.

Banyak pelanggan salon yang tidak terlalu paham dengan perbedaan istilah teknik guntingan rambut maupun penataan yang biasa digunakan penata rambut. Nah, agar kejadian seperti itu tidak terjadi, sudah saatnya Anda belajar mengerti bahasa salon.

Berikut ini beberapa bahasa salon yang perlu Anda ketahui, seperti:

1.   Beachy

Potongan rambut dengan kesan ikal alami yang ditata senatural mungkin dengan efek sedikit basah atau wet look. Jika memiliki rambut lurus, biasanya rambut akan di keriting permanen dulu menggunakan gulungan besar, lalu ditata. Penataannya tidak terlalu rumit. Setelah dicuci, rambut dibubuhi styling gel dan serum lalu dikeringkan. Gel berguna untuk memberi kesan basah, dan serum untuk melembutkan rambut agar saat mengering helainya tidak terburai. Rambut kemudian dikeringkan dengan cara di remas menggunakan hair dyer corong.

2.   Overdirecting

Tujuan utamanya adalah untuk memberi volume pada rambut bagian atas. Rambut yang akan digunting ditarik ke satu arah sekitar 45 derajat. Cara ini dapat diterapkan pada rambut berukuran medium dan panjang.

3.   Struktur

Guntingan rambut dengan potongan yang rapi dan presisi. Biasanya diterapkan pada gaya potongan rambut geometris seperti model bob. Penataannya pun cukup praktis. Rambut cukup di-blow lurus, lalu semprotkan hair shine.

4.   Body wave

Untuk menambah volume pada rambut tipis maupun rambut yang terlihat menempel di kulit kepala. Rambut terlihat lebih mengembang dengan teknik pengeritingan menggunakan gulungan besar. Bisa permanen dan juga dapat menggunakan curling iron.

5.   Texturing

Teknik potong untuk memberi dimensi pada model rambut agar tidak terlihat lepek. Caranya bermacam-macam, bisa dengan teknik guntingan yang memperlembut potongan rambut lebat, atau membuat rambut sangat ikal menjadi terlihat lebih lembut dan ringan.

4.   Disconnected

Teknik potong yang terkesan patah, karena pada satu bagian rambut dengan yang lainnya tidak ada kesatuan. Namun, potongan ini biasanya sangat artistik dan tidak umum, serta dapat diterapkan untuk gaya futuristis.

5.   Layering

Teknik potong rambut bersusun dimulai dari bagian tengah hingga ujung rambut, untuk menghasilkan rambut yang lebih berdimensi. Jatuhnya rambut pun terlihat lembut, ringan, dan modern. Penataannya, bisa di-blow atau ditata cantik. Rambut panjang akan terlihat feminin secara instan, sedangkan rambut pendek menjadi lebih chic dan modern.

6.   Chopping

Teknik guntingan untuk menciptakan banyak tekstur agar rambut berkesan ringan. Bisa diterapkan pada potongan rambut panjang maupun pendek. Caranya adalah dengan menggunakan pisau cukur (razor). Biasanya diterapkan untuk gaya rambut shaggy.

Chopping cocok untuk jenis rambut lurus dan bergelombang, namun tidak disarankan untuk jenis rambut ikal yang intens. Penataan untuk potongan rambut pendek sangat praktis, cukup dikeringkan menggunakan bantuan jemari dan wax pada batang rambut.

Peringatan : Jangan Pernah Lakukan

Usai mengeriting rambut langsung di-highlight. Bila ingin warna, manfaatkan toning, Dibutuhkan waktu minimal satu minggu setelah pengeritingan untuk melakukan pewarnaan permanen. Hal ini berlaku juga untuk proses pelurusan rambut.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

pepek anak SD, cara membuat handbody racikan makassar, cara melebatkan bulu kemaluan, DAUN wisa, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri