Pengobatan Herpes Genital Dan Efek Sampingnya

Pengobatan Herpes Genital Dan Efek SampingnyaMEDIKALOGI.COM – Kita tahu bahwa penyakit herpes genital itu merupakan suatu penyakit yang menyerang bagian kelamin (kulit kelamin) akibat dari virus simpleks dengan di tandai luka melepuh yang menyakitkan.

Pada beberapa sebagian orang, lepuhan dikulit ini muncul dimana saja namun kasus yang sering di temukan di dalam dan di luar sekitar mulut, bibir, alat kelamin dan juga ada orang yang pernah mengalami bagian anus,   mata,  jari-jari tangan atau kaki.

Cara menyembuhkan herpes genital dapat dilakukan dengan terapi obat antivirus seperti Asiklovir (acyclovir). Herpes genital disebabkan oleh Virus Herpes Simpleks (HSV-2) yang menyebabkan infeksi luka lepuhan di sekitar alat kelamin.

Seseorang yang terkena herpes genitalis, gejala herpes akan muncul 2 sampai 20 hari setelah terinfeksi virus berupa rasa gatal atau nyeri, yang diikuti oleh munculnya lepuhan dalam beberapa jam hingga beberapa hari.

Kulit yang memerah mungkin muncul pada sekitar kelamin dan anus kemudian kemudian berubah menjadi lepuhan yang berisi cairan. Luka tersebut akan mengakibatkan nyeri saat buang air kecil.

Daerah sekitar alat kelamin akan terasa lunak dan nyeri, dan penderita mungkin akan memiliki gejala mirip flu seperti demam, sakit kepala, dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Pengobatan herpes genital karena virus herpes simplex dapat dilakukan dengan terapi obat Asiklovir (acyclovir). Cara menyembuhkan herpes genital dengan obat antivirus asikloguanosin ini selain juga dapat digunakan untuk mengobati herpes zoster dan cacar air.

Terapi obat asiklovir dapat mengobati luka atau lepuhan berisi cairan di alat kelamin atau mulut yang disebabkan oleh virus herpes simpleks. Terapi obat antivirus seperti asiklovir sebenarnya bukan untuk membunuh virus herpes simpleks. Terapi obat ini dapat mengurangi tingkat keparahan dan mempercepat proses penyembuhan luka dan lepuhan. Namun virus yang menyebabkan infeksi terus hidup di dalam tubuh bersembunyi di dalam saraf.

Cara menyembuhkan herpes dengan terapi obat antivirus akan mengurangi rasa sakit serta gatal, membantu menyembuhkan luka atau lepuhan yang muncul dengan lebih cepat, serta mencegah munculnya luka atau lepuhan baru.

Pada penderita sistem kekebalan tubuh lemah, terapi obat herpes antivirus dapat mengurangi risiko virus menyebar ke organ tubuh lainnya yang dapat menyebabkan infeksi yang lebih serius.

Cara Kerja Obat Herpes Antivirus

Cara kerja obat herpes antivirus yaitu dengan menghambat enzim DNA polimerase virus herpes simplex . Asiklovir diubah menjadi asiklo-guanosin monofosfat oleh enzim timidin kinase virus, kemudian diubah lagi menjadi asiklo-guanosin trifosfat (asiklo-GTP).

Asiklo-GTP kemudian bergabung dengan DNA virus yang akan mengakibatkan terhentinya aktifitas enzim DNA polimerase. Karena asiklovir bekerja dengan mempengaruhi sel DNA sel, maka cara menyembuhkan herpes dengan terapi obat ini jangan digunakan pada ibu hamil.

Asiklovir tersedia di pasar dalam bentuk tablet, suntikan, dan juga salep krim. Obat dalam bentuk krim digunakan untuk terapi obat herpes pada alat kelamin. Cara menyembuhkan herpes yang menyerang mata dapat dilakukan dengan asiklovir yang berbentuk salep mata.

Obat herpes antivirus seperti asiklovir biasanya hanya dapat diperoleh dengan resep dokter. Asiklovir sulit larut dalam air sehingga bila diperlukan konsentrasi asiklovir dosis tinggi, maka pasien akan diberikan dalam bentukan suntikan ke intravena. Selain asiklovir, terapi obat valaciclovir antivirus juga dapat diberikan yang akan berubah menjadi asiklovir di dalam hati.

Efek Samping Obat Antivirus Herpes

Terapi obat herpes antivirus dapat menimbulkan efek samping seperti mual, diare, pusing, sakit kepala, serta iritasi pada tempat yang disuntik. Kerusakan ginjal dapat terjadi bila obat antivirus dalam bentuk suntikan intravena diberikan dalam dosis besar.  Dosis tinggi akan menumpuk di ginjal sehinga membentuk kristal asiklovir.

Obat herpes dalam bentuk obat luar seperti salep, efek samping yang dapat muncul yaitu kulit terasa kering dan rasa seperti terbakar. Salep yang digunakan pada mata, pada beberapa orang akan mengalami rasa tidak nyaman pada mata.

Terapi obat antivirus tersedia dalam bentuk suntikan, tablet, kapsul, cairan dan bubuk. Asiklovir dalam bentuk cairan tersedia dalam kemasan botol 1 liter yang mengandung 200 mg dalam setiap 5 ml.

Cara mengobati herpes zoster akut dapat meminum 800 mg setiap 4 jam dengan waktu maksimal 5 kali dalam seharinya. Konsumsi obat ini dilakukan selama 7-10 hari per oral. Cara penyembuhan penyakit kelamin herpes genital yaitu dengan meminum 200 mg setiap 4 jam atau 5 kali sehari selama 10 hari.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

Cara membuat lem gigi sendiri, cara meracik handbody marina, pepek anak SD, cara melepas behel dengan baking powder, cara membuat handbody racikan makassar, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri, DAUN wisa, cara membuat henna putih dari handbody, harga talsyn cl