Pantangan Penyakit Herpes

Pantangan Penyakit HerpesMEDIKALOGI.COM – Pada artikel berikut ini, penulis mencoba memberikan sedikit informasi tentang pantangan penyakit herpes dan bagaimana caranya untuk mencegah penyakit herpes kambuh kembali. Karena, faktor pemicu dan pantangan herpes ini mungkin tidak sama untuk setiap orang.

Seperti yang telah diketahui bersama bahwa, penyakit herpes ini timbul dan menyerang pada permukaan kulit dimana terdapat sekelompok gelembung yang menghinggapi di area permukaan kulit tertentu.

Penyakit herpes ini yang patut di waspadai bila terjadi infeksi, karena dapat menyebabkan masuknya berbagai macam virus penyakit seperti virus HIV

Menjalani gaya hidup sehat dengan pola makan yang baik dengan banyak berolahraga akan mengurangi timbulnya kekambuhan herpes. Jika Anda merasa ada sesuatu yang hal yang dapat memicu gejala herpes Anda, konsultasikan dengan dokter spesialis kulit dan kelamin anda tentang hal tersebut.

Pantangan Penyakit Herpes dan Hal yang Dapat Memicu Penyakit Herpes Kambuh

1.   Hubungan seksual

Pada beberapa penderita herpes, gesekan kulit yang belebihan sehingga mengiritasi lapisan kulit dapat mengakibatkan gejala herpes muncul kembali. Menggunakan cairan pelumas dapat membantu mengurangi iritasi akibat gesekan kulit tersebut. Hindari menggunakan pelumas atau kondom yang mengandung spermisida nonoxynol-9, karena dapat mengiritasi selaput lendir seperti lapisan vagina. Pelumas berbahan dasar minyak juga harus dihindari karena dapat merusak lapisan kondom.

2.   Makanan

Pantangan herpes selanjutnya adalah makanan. Hindari makanan yang mengandung arginine atau asam amino tingkat tinggi seperti kacang, cokelat dan almond. Asam amino arginine ini diperlukan virus herpes untuk proses replikasi. Mengkonsumsi makanan yang mengandung arginin tinggi dapat membuat herpes lebih sering kambuh. Pantangan herpes yang sama berlaku untuk suplemen makanan yang mengandung arginine seperti suplemen yang dirancang untuk memperbaiki disfungsi ereksi atau meningkatkan potensi seksual.

3.   Cuaca dingin dan sinar matahari

Udara dingin dan sinar matahari dapat memicu kambuhnya herpes mulut. Namun kemungkinan herpes kelamin untuk kambuh akibat hal ini sangat kecil. Untuk mencegah herpes mulut kambuh kembali, hindari sinar ultraviolet dengan berjemur matahari atau menggunakan tempat tidur khusus untuk menghitamkan kulit.

4.   Hormon

Perubahan hormon seperti yang terjadi pada siklus menstruasi dapat mempengaruhi kambuhnya herpes kelamin. Alasan mengapa hal ini terjadi masih diteliti.

5.   Bedah atau Operasi

Luka pada tubuh seperti setelah menjalani operasi dapat membuat gejala herpes muncul.

6.   Sistem kekebalan tubuh yang lemah

Memiliki sistem kekebalan yang lemah dapat membuat herpes lebih sering kambuh. Penderita HIV misalnya, herpesnya cenderung memiliki lebih sering kambuh daripada orang dengan fungsi kekebalan tubuh yang normal.

7.   Stres

Stres dapat membuat herpes lebih sering kambuh, bahkan kekhawatiran tentang penyakit herpes yang Anda derita mungkin dapat menjadi faktor pemicu timbulnya gejala herpes. Cobalah untuk menghindari hal-hal yang bisa memicu stres.

8.   Rokok dan alkohol

Pantangan herpes yang terakhir adalah rokok dan alkohol. Merokok dan mengkonsumsi minuman alkohol yang berlebihan juga dapat mengakibatkan herpes lebih sering terjadi.

5 (lima) poin cara untuk hidup sehat dan mengurangi stres

Mengurangi stres untuk mencegah herpes kambuh kembaliMengurangi stres dapat membantu mengurangi seberapa sering herpes genital anda kambuh. Stres berkelanjutan yang berlangsung lebih dari seminggu akan memicu kekambuhan herpes genital dibandingkan faktor pemicu lainnya. Berikut 5 langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengontrol stres dengan lebih baik :

  • Tidur yang cukup

Semakin banyak Anda beristirahat maka akan semakin baik pula Anda mampu mengontrol stres dalam hidup Anda. Kebanyakan orang membutuhkan tidur sekitar 8 jam setiap malamnya. Beberapa orang memerlukan waktu kurang dari itu, dan beberapa orang lainnya membutuhkan waktu yang lebih banyak. Perhatikan berapa lama Anda tidur tanpa menyetel alarm. Jika misalnya Anda tidur jam 11 ​​malam dan bangun secara alami dan merasa segar pada pukul 8 pagi, berarti Anda memerlukan tidur setidaknya 9 jam setiap malamnya.

  • Seimbangkan pola makan Anda

Pastikan makanan Anda mencakup semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga Anda tetap sehat dan kuat. Makanlah banyak buah-buahan dan sayuran, dan batasi jumlah makanan manis dan berlemak juga minuman ringan. Juga kurangi kafein dan alkohol jika Anda cenderung mengkonsumsinya secara berlebihan.

  • Berolahraga

Aktivitas fisik adalah pereda stres yang baik. Lakukan olahraga yang anda sukai. Agar lebih bermotivasi, lakukanlah bersama teman dekat anda. Anda bebas memilih olahraga yang dapat anda nikmati seperti tenis, fitness di gym atau sekedar berjalan-jalan atau joging.

  • Bersosialisasi

Ketika Anda stres, mungkin hal terakhir yang ingin anda lakukan adalah bersosialisasi. Tapi menghabiskan waktu bersama dengan orang lain dapat membantu Anda melupakan masalah untuk sementara waktu. Akan lebih baik bila anda dapat membicarakan tentang masalah Anda dengan seseorang yang peduli dan dapat Anda percaya seperti teman, anggota keluarga, dan pasangan.

  • Santai

Selain semua hal di atas, meluangkan waktu beberapa menit untuk bersantai dan menenangkan pikiran adalah hal yang baik. Anda dapat mencoba teknik relaksasi seperti yoga. Atau anda dapat melakukan hobi yang dapat membuat anda santai seperti mendengarkan musik, merajut, atau sekedar  menatap pemandangan di luar jendela kantor.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

Cara membuat lem gigi sendiri, cara meracik handbody marina, pepek anak SD, cara melepas behel dengan baking powder, cara membuat handbody racikan makassar, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri, DAUN wisa, cara membuat henna putih dari handbody, harga talsyn cl