Tips Menangani Rambut Rontok dan Kebotakan

Tips Menangani Rambut Rontok dan KebotakanMEDIKALOGI.COM – Setiap individu tentu mendambakan rambut yang indah dan sehat. Rambut indah dan sehat tidak hanya melambangkan kecantikan (ketampanan) tetapi juga menjadi cermin kesehatan secara umum.

Rambut berfungsi sebagai mahkota dan juga berfungsi sebagai pelindung kepala dari panas terik matahari, cuaca dingin. Oleh karena itu, rambut membutuhkan  penataan dan perawatan secara teratur agar rambut tetap sehat, indah, berkilau dan jauh dari kebotakan.

Rambut rontok dan kebotakan tidak hanya mempengaruhi penampilan, namun lebih jauh juga bisa mengurangi rasa percaya diri. Terdapat berbagai faktor yang memicu kebotakan. Beberapa diantaranya sulit ditangani sedangkan sebagian yang lain bisa diatasi.

Penyebab Kebotakan

Berikut adalah beberapa penyebab rambut rontok yang bisa memicu kebotakan:

  • Usia.
  • Stres.
  • Faktor genetik.
  • Perubahan hormonal.
  • Kelebihan ketombe.
  • Infeksi jamur.
  • Kurangnya sirkulasi darah ke kulit kepala.

Pengobatan Alami Mengatasi Kebotakan

Berikut adalah beberapa cara alami untuk menyembuhkan kebotakan:

1.   Homeopati

Homeopati dipercaya mampu mengobati berbagai masalah kesehatan termasuk kebotakan. Meskipun hasilnya mungkin lambat terlihat, homeopati dikenal tidak memiliki efek samping. Manfaat lain, homeopati juga bisa meningkatkan kesehatan tubuh secara umum. Saat memutuskan hendak menggunakan homeopati, pastikan untuk mendapatkan nasihat dan arahan dari ahli yang terpercaya.

2.   Aromaterapi

Berbagai minyak aromaterapi diketahui mampu mempromosikan pertumbuhan rambut sehat. Berbagai minyak alami seperti jojoba, lavender, rosemary, thyme, dan jeruk diyakini tidak hanya mencegah rambut rontok, melainkan juga mampu meningkatkan pertumbuhan rambut. Untuk hasil terbaik, minyak tersebut harus digosokkan ke kulit kepala dan dibiarkan beberapa waktu untuk diserap, sebelum dibilas.

3.   Akupresur dan Akupunktur

Akupresur dan akupunktur merupakan cara alami dari Timur untuk mengobati berbagai gangguan. Kedua jenis pengobatan ini bersifat holistik, yang artinya mempromosikan kesehatan keseluruhan seorang individu.

Akupresur dan akupunktur mendasarkan filosofinya pada penyelarasan aliran energi yang berlawanan, yin dan yang, untuk menyembuhkan semua gangguan kesehatan.

4.   Hidroterapi

Hidroterapi dilakukan dengan menempatkan kain yang telah dicelupkan ke air panas dan air dingin secara bergantian di kepala. Perawatan ini bisa dilakukan setiap hari. Hidroterapi berguna meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala dan menghilangkan kotoran yang mungkin memblokir folikel rambut.

5.   Olahraga

Selain meningkatkan kesehatan secara umum dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, olahraga mampu meningkatkan aliran darah ke seluruh bagian tubuh, termasuk kulit kepala. Hal ini akan membantu pertumbuhan rambut sekaligus mencegah kerontokan rambut

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

pepek anak SD, cara membuat handbody racikan makassar, cara melebatkan bulu kemaluan, DAUN wisa, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri