Tips Menghilangkan Kecemasan Sebelum Tes MRI

Tips Menghilangkan Kecemasan Sebelum Tes MRIMEDIKALOGI.COM – Banyak pasien yang belum pernah melakukan MRI (magnetic resonance imaging) akan mengalami ketakutan atau kecemasan saat akan dilakukan pemeriksaan. Terlebih jika pasien menderita claustrophobia (takut pada tempat sempit) melakukan MRI dapat menjadi pengalaman yang menakutkan.


Claustrofobia atau ketakutan terhadap tempat tertutup terkadang menjadi halangan bagi pasien dan dokter yang membutuhkan pemeriksaan anatomi lebih mendalam. Salah satunya, pemeriksaan bagian tubuh yang mengharuskan penggunaan alat Magnetic Resonance Imanging atau MRI.

Pemeriksaan MRI harus dilakukan sebagai deteksi utama dan memberikan petunjuk yang jelas pada penyakit seperti kanker, kelainan pembuluh darah, stroke, bahkan pendarahan di bagian tubuh yang sulit dijangkau oleh pemeriksaan CT Scan.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengurangi kecemasan saat melakukan MRI.

1.   Berbicara dengan dokter tentang prosedur apa saja yang harus diambil.

Jika mungkin, minta kepada dokter untuk melihat ruang MRI sebelum tes dilakukan. Mengenal tempat tes dan mengetahui apa saja yang harus dilakukan diharapkan bisa membantu mengurangi kecemasan.

2.   Mengajak anggota keluarga atau teman untuk menemani melakukan MRI.

Anda bisa meminta anggota keluarga untuk menyentuh kaki atau pergelangan kaki untuk membuat Anda merasa lebih nyaman. Sebagian rumah sakit memperbolehkan anggota keluarga atau teman ikut berada di ruang MRI. Tanyakan mengenai hal ini kepada dokter.

3.   Hindari minum dan makan satu jam sebelum tes MRI.

Anda tidak ingin merasa tidak nyaman dan harus menggunakan kamar kecil selama pemindaian.

4.   Cari informasi mengenai MRI di artikel atau forum internet.

Anda dapat bertanya kepada anggota forum atau membaca informasi yang dibutuhkan. Mengetahui lebih banyak membuat Anda bisa menyiapkan antisipasi dan mengurangi kecemasan.

5.   Jika Anda sangat cemas tentang MRI, konsultasikan hal ini dengan dokter.

Dokter mungkin akan meresepkan obat penenang yang harus diminum sebelum melakukan MRI.