Penyebab Umum yang Memicu Sakit Perut

Karena Sakit Perut Gadis Cantik Meninggal DuniaMEDIKALOGI.COM – Sakit perut adalah sakit yang dirasakan pada perut dan hal ini merupakan penyakit sejuta umat, karena semua orang rasanya pernah mengalami atau merasakan sakit perut.


Sakit perut merupakan kondisi umum yang mempengaruhi orang dari semua kelompok umur. Kondisi ini ditandai dengan rasa sakit dan rasa menusuk pada perut. Karena sakit perut merupakan gejala dari berbagai gangguan dan penyakit, diagnosis mendalam menjadi diperlukan.

Sementara beberapa penyebab mungkin tidak serius, timbulnya rasa sakit parah harus segera ditanggapi dan memerlukan perhatian medis segera.

Penyebab Sakit Perut

Berikut ini beberapa penyebab yang memicu sakit perut akan di ulas, seperti:

1.   Infeksi Parasit Usus

Usus yang terinfeksi parasit atau cacing dapat memicu sakit perut yang biasanya diiringi dengan hilangnya nafsu makan serta muntah. Infeksi cacing umumnya disebabkan oleh konsumsi makanan yang terkontaminasi dan tidak higienis, serta kuman yang ditransfer dari tangan ke perut.

2.   Alergi Makanan

Alergi pada makanan bisa menimbulkan sakit perut. Salah satu penyebab alergi yang sering dijumpai adalah intoleransi laktosa. Intoleransi laktosa terutama disebabkan sistem pencernaan yang tidak bisa mencerna laktosa dari susu.

3.   Flu Perut

Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Flu perut disebut pula sebagai gastroenteritis. Selain sakit perut, gejala lain yang muncul termasuk diare, muntah, dan demam.

4.   Infeksi

Sakit perut bisa timbul akibat infeksi yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Penyakit yang disebabkan infeksi termasuk flu perut, usus buntu, infeksi cacing kremi, infeksi diare, infeksi salmonella, infeksi rotavirus, infeksi saluran kemih, keracunan makanan, penyakit menular seksual, dan pneumonia.

5.   Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan seperti sakit maag, ulcerative colitis, penyakit Crohn, hernia, wasir, dan tumor, dapat menyebabkan sakit perut ringan sampai parah.

6.   Gangguan Ginekologi

Kondisi ginekologi seperti dismenore, sindrom pramenstruasi, kista ovarium, kanker ovarium, tumor fibroid, dan kehamilan ektopik akan menyebabkan sakit perut.

7.   Kanker

Kanker usus, kanker hati, kanker kandung kemih, kanker perut, dan kanker pankreas diketahui memicu sakit perut yang parah.

8.   Penyebab Emosional

Gangguan emosi, depresi, kecemasan, stres dan berbagai faktor psikologis lainnya dapat menyebabkan sakit perut ringan.

9.   Obesitas dan Makanan

Obesitas bisa memicu sakit perut akibat timbunan lemak di sekitar perut yang menyebabkan banyak tekanan pada dinding perut. Demikian pula, asupan makanan yang tidak memadai atau kurangnya asupan makanan juga menyebabkan sakit perut.

10.   Keracunan

Keracunan makanan dan zat lain akan menimbulkan sakit perut ringan hingga parah. Keracunan harus segera ditangani karena berpotensi membahayakan keselamatan jiwa