Gejala Umum Wanita Mengalami Infertilitas

Gejala Umum Wanita Mengalami InfertilitasMEDIKALOGI.COM – Seorang wanita berkeinginan untuk menjadi seorang ibu suatu hari nanti. Namun, ada beberapa wanita yang tidak dapat hamil karena beberapa masalah dan salah satu masalah yang di alami wanita itu ialah infertilitas.


Mengetahui gejala umum infertilitas perlu diketahui kaum wanita. Pasalnya saat Anda mengalaminya, informasi itu menjadi kekuatan untuk mendapat penanganan yang tepat.

Dalam era makanan cepat saji saat ini, infertilitas atau kesulitan untuk hamil dengan cepat menjadi masalah umum. Tak hanya faktor itu, infertilitas juga bisa disebabkan oleh sejumlah factor, termasuk ketidakseimbangan hormon, riwayat kesehatan penyakit kronis, gangguan makan, merokok, menenggak alkohol, kelebihan berat badan, kurang berat badan, dan kista ovariumyang bisa disebabkan oleh salah satu pasangan.

Namun demikian, pada kenyataannya gejala awal infertilitas sulit diketahui. Hal itu karena setiap orang memiliki gejala yang berbeda-beda, tergantung penyebabnya. Akan tetapi,

Berikut ini ada empat gejala umum yang bisa dijadikan indikator mengalami infertilitas, seperti:

1.   Lebih dari satu tahun hubungan seksual tanpa alat kontrasepsi

Gejala pertama infertilitas adalah lebih dari setahun berhubungan intim secara teratur tanpa kontrasepsi, tapi masih belum mampu untuk hamil. Bila Anda mengalami hal demikian, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter. Pasalnya, setiap orang memiliki gangguan infertilitas yang berbeda-beda.

2.   Siklus menstruasi tak teratur dan menyakitkan

Apakah Anda sering merasa nyeri pada daerah punggung, nyeri panggul, kram, dan pendarahan yang berlebihan atau sangat sedikit saat masuk siklus menstruasi. Bila iya, berarti infertilitas Anda terganggu. Semua gejala itu merupakan tanda ketidakteraturan siklus menstruasi yang merupakan adanya masalah pada ovulasi Anda. Namun tak usah cemas, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis untuk mendapat penanganan yang efektif.

3.   Ketidakseimbangan hormon

Bila Anda suka mengalami siklus menstruasi yang tak teratur diiringi dengan rasa nyeri, hal itu merupakan tanda bahwa Anda mengalami ketidakseimbangan hormon. Ketidakseimbangan hormon bisa menjadi gejala infertiitas wanita. Di mana Anda mungkin mengalami gejala seperti rambut menipis, depresi, jantung berdebar-debar, dan dorongan seks rendah.

4.   Sering Keguguran

Keguguran adalah hilangnya kehamilan sebelum minggu kedua puluh. Biasanya, dokter menduga wanita mengalami infertilitas bila ia sudah mengalami dua atau lebih keguguran. Ini bukan tanda yang pasti, tetapi jika Anda pernah mengalami hal itu tiga kali berturut-turut maka itu indikasi.