Gejala dan Penanganan Periodontitis

Gejala dan Penanganan Periodontitis MEDIKALOGI.COM – Kesehatan gigi masih merupakan suatu masalah yang selayaknya mendapatkan perhatian khusus.


sampai saat ini masalah kesehatan gigi maasih banyak ditemukan seperti misalnya kasus periodontitis gigi, karena prevalensinya cukup tinggi dalam ilmu Kedokteran Gigi di Indonesia.

Jaringan pendukung gigi yang terdiri dari gusi, sementum, ligamen periodontal dan tulang alveolar dapat mengalami kerusakan serta peradangan yang disebabkan oleh bakteri.

Kerusakan dan gangguan yang ditimbulkan oleh peradangan jaringan pendukung gigi atau disebut juga periodontitis meliputi gejala :

  • Rasa sakit pada gusi.
  • Napas yang berbau tidak sedap.
  • Gusi yang berwarna merah atau merah keunguan.
  • Terdapat nanah pada gusi.
  • Terdapat celah antara gigi-gigi.
  • Gusi bengkak.
  • Mengkilap serta mudah berdarah.
  • Salah satu akibat terparah dari  keradangan ini adalah goyangnya gigi dimana menyebabkan gigi tidak bisa dipertahankan lagi.

Penanganan Pada Periodontitis

Perawatan pada periodontitis mutlak dilakukan karena untuk mencegah terjadinya keparahan serta kerusakan yang lebih lanjut  dan juga mengembalikan fungsi dari gigi. Tahap perawatan yang dilakukan pada penanganan periodontitis terdiri atas:

1.   Menghilangkan Plak

Menghilangkan plak serta karang gigi dengan tindakan Scaling dan root planning dari permukaan gigi agar kesehatan gusi dapat dicapai dan mengurangi jumlah bakteri  yang  bersarang. Tindakan ini merupakan tahap awal dari rangkaian penanganan yang akan diberikan dan dilakukan secara berkala.

2.   Menangani Gigi Goyang

Stabilisasi gigi-gigi yang mengalami kegoyangan dengan menggunakan alat tertentu yang bernama splint. Alat ini bermacam-macam dan digunakan sesuai indikasinya. Pada tahapan perawatan periodontitis splint yang digunakan adalah spilnt sementara yang berguna untuk mempercepat penyembuhan.

3.   Obat

Obat anti-mikrobial yang diletakkan secara langsung pada jaringan yang rusak atau dengan cara terapi sistemik. Pemberian obat ini adalah sebagai penunjang untuk membasmi secara menyeluruh bakteri yang ada disekitar keradangan, hal ini diperlukann karena tindakan scaling dan root planning saja tidak cukup .

4.   Anti-inflamasi / Anti Radang

Menghilangkan keradangan dan memperbaiki kerusakan pada jaringan sekitar dengan pembedahan.  Perbaikan yang diperlukan dapat terjadi dengan sendirinya setelah pembedahan atau dengan bantuan bahan-bahan tertentu yang diaplikasikan dalam proses pembedahan.