Tanda-Tanda Mengalami Alergi Make Up

Tanda-Tanda Mengalami Alergi Make UpMEDIKALOGI.COM – Banyak orang tidak tahu atau tanpa menyadarinya bahwa mereka tengah mengalami alergi make up.


Kondisi kulit secara tiba-tiba terjadi peradangan dan semakin lama menjadi parah. Hal ini sangat mungkin terjadi pada mereka yang kurang memahami kondisi kulitnya sendri.

Agar hal seperti di atas tidak terjadi, ada baiknya jika Anda mengetahui sejak dini tanda awal alergi. Terutama jika Anda mencoba menggunakan make up dengan merek baru, baik itu merek biasa atau yang sudah terkenal.

Anda harus sensitif terhadap perubahan kulit Anda, apakah cocok atau tidak menggunakan make up.

Berikut ini tanda-tanda jika Anda mengalami alergi make up, antara lain :

1.   Kemerahan

Tanda pertama yang biasa muncul jika make up tidak cocok dengan kulit Anda ialah kemerahan. Reaksi ini bisa muncul dalam waktu lama, dan biasanya beberapa saat setelah penggunaan make up. Biasanya akan ditandai dengan rasa gatal dan panas, setelah itu muncul warna kemerahan pada kulit. Jika Anda merasakan demikian, berarti Anda mungkin mengalami alergi make up.

2.   Bengkak

Pembengkakan bisa terjadi jika Anda menggunakan kosmetik yang tidak cocok. Utamanya hal ini sering terjadi pada kelopak mata. Baik itu eyeshadow, mascara, atau eyeliner dapat membuat bagian kulit disekitar mata bengkak. Anda harus waspada dengan produk kecantikan yang Anda gunakan. Jika terjadi pembengkakan, atasi langsung agar tidak merembet ke bagian lainnya.

3.   Problem Mata

Pengguanaan mascara atau eyeliner yang tidak cocok juga bisa menyebabkan alergi pada mata. Mata akan menjadi gatal dan kemerahan, bahkan bisa membuat kelopak mata menjadi tebal. Anda harus sedikit sensitif terhadap setiap gejala yang ada. Karena gejala sekecil apapun bisa menyebabkan luka yang lebih parah. Lantas apa yang mesti dilakukan jika sudah terjadi gejala-gejala seperti yang sudah disebutkan diatas.

  • Yang pertama harus Anda lakukan ialah menghentikan pemakaian produk tersebut. Seberapa mahal pun harganya jika tidak cocok bisa menimbulkan alergi dan lebih baik tidak digunakan lagi.
  • Hindari iming-iming produk yang tidak jelas mereknya. Saat ini banyak sekali kosmetik palsu yang memiliki kadar merkuri tinggi yang dapat menyebabkan kulit rusak. Hati-hati memilih produk kecantikan, pilihlah yang benar-benar sudah teruji khasiatnya.
  • Sebelum menggunakan kosmetik, ada baiknya jika Anda membersihkan kulit wajah terlebih dahulu agar wajah bersih dan terhindar dari iritasi.
  • Alat make up harus selalu dirawat kebersihannya agar terhindar dari kuman.
  • Jika kulit Anda sudah terkena alergi yang parah, sebaiknya konsultasikan ke dokter agar segera bisa ditangani oleh ahlinya.

Pemilihan kosmetik harus benar-benar dipertimbangkan agar tidak menimbulkan alergi make up dan resiko di kemudian hari. Jika sudah terjadi alergi, jalan utamanya adalah mengganti kosmetik dengan yang lebih aman.

Kesehatan memang menjadi hal, setiap perempuan tentu ingin terhindar dari resiko penyakit apapun salah satunya karena penggunaan kosmetik. Konsultasi ke dokter bila alergi make up menjadi semakin parah, gejala sekecil apapun bisa menyebabkan penyakit menjadi lebih serius jika tidak ditangani dengan benar.