Suntik Kolagen Untuk Menjaga Kekencangan dan Elastisitas Kulit

Suntik Kolagen Untuk Menjaga Kekencangan dan Elastisitas KulitKita tahu jika sinar matahari (ultraviolet) itu bersifat merusak kolagen kulit sehingga dapat mengakibatkan penuaan dini pada seseorang dan pada umumnya para wanita tidak menginginkan hal ini terjadi pada mereka.


Saat ini ada begitu banyak produk kecantikan yang mengandung kolagen dan menjanjikan hasil yang instan. Salah satunya adalah suntik kolagen.

Suntik kolagen itu adalah suatu prosedur yang memasukkan cairan atau zat yang mengandung kolagen ke dalam kulit. Biasanya suntik kolagen ini dilakukan pada daerah yang ingin di kencangkan seperti bibir, mata atau bagian wajah lainnya.

Kolagen ini didapatkan dari hewan seperti sapi dan babi ataupun dari donor manusia. Namun, kolagen yang berasal dari hewan akan mengalami reaksi alergi pada sebagian orang. Oleh karena itu biasanya dilakukan tes alergi sebulan sebelumnya.

Jika terjadi reaksi alergi seperti kemerahan, bengkak, nyeri dada, iritasi kulit sampai sesak nafas, maka Anda harus segera ke rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut. Sedangkan kolagen yang terbuat dari manusia relatif aman walau harganya jauh lebih mahal.

Sebenarnya suntik kolagen ini, cepat dan aman bila dilakukan oleh Dokter Spesialis Bedah Plastik dan harus dibicarakan dengan Anda sebelumnya.

Kolagen adalah protin yang terdapat pada tulang, tulang rawan, kulit dan tendon. Kolagen pada kulit berguna untuk menjaga kekencangan dan elastisitas kulit. Makin lama kolagen akan makin berkurang sehingga kulit akan timbul kerut dan kantong mata.

Untuk melawan proses penuaan, banyak orang melakukan berbagai cara untuk mempertahankan kulit tetap seperti semula.

  • Terapi ini tepat untuk orang yang berusia antara 35 sampai dengan usia 60 tahun,
  • Untuk mengurangi tanda-tanda penuaan seperti garis tertawa. Dapat juga untuk membuat daerah terlihat penuh seperti bibir, dahi, pipi dan sekitar mulut.
  • Waktu yang dibutuhkan untuk penyuntikan sekitar 30-60 menit dan pasien dapat kembali ke rumah tidak perlu rawat inap.

Kolagen ada 2 macam : Bovine dan Filler dengan berbahan dasar human/manusia.

Karena banyak pasien yang alergi terhadap  kolagen yang merupakan turunan dari sapi sehingga diperlukan pemeriksaan oleh dokter terlebih dahulu, tapi biar bagaimana kolagen bovine lebih banyak digunakan.

Kerugian yang dapat terjadi dengan penyuntikan kolagen, adalah alergi, kemudian kurangnya kekencangan kulit disekiar tempat penyuntikan serta infeksi.

Metode suntik apapun yang hendak Anda akan lakukan, pastikan aman dan dilakukan oleh praktisi medis yang berkompetensi penuh, dalam hal ini adalah Dokter Spesialis Kulit atau Dokter yang terlatih.